logo rilis

Usung Pengadilan Modern, MA Luncurkan Laptah 2018
Kontributor
RILIS.ID
27 Februari 2019, 11:09 WIB
Usung Pengadilan Modern, MA Luncurkan Laptah 2018
ILUSTRASI: RILIS.ID/ Dendi

RILIS.ID, Jakarta— Mahkamah Agung (MA) meluncurkan Laporan Akhir Tahun (Laptah) 2018 “Era Baru Pengadilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”, Rabu (27/2/2019).

Ketua MA M. Hatta Ali menyatakan bahwa jajarannya terus mendorong terwujudnya peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Menurut dia, hampir semua lini kerja di MA telah ditranformasikan secara digital, baik bidang teknis yudisial maupun nonteknis.

“Mahkamah Agung telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memastikan terlaksananya pengaturan, pengarahan, dan pengendalian dalam penerapan teknologi informasi secara terintegrasi di lingkungan Mahkamah Agung dan empat badan peradilan di bawahnya,” katanya dalam keterangan yang diterima Rilis.id, Rabu (27/2/2019).

Hatta menjelaskan bahwa modernisasi pada bidang administrasi perkara merupakan upaya untuk mendorong percepatan dalam layanan peradilan.

Namun pada kenyataannya, implementasinya terkendala peraturan hukum acara yang tidak kunjung diperbaharui sehingga menghambat peluang menggantikan proses lama yang sudah tidak efisien.

“Lahirnya Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi e-Court, dengan tiga fitur utama, yaitu pendaftaran perkara (e-Filing), pembayaran panjar uang perkara (e-Payment) serta penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-Summons),” paparnya.

Disamping aplikasi e-court, MA juga telah menyempurnakan pemanfaatan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) yaitu penerapan SIPP versi 3.2.0 secara nasional pada empat lingkungan peradilan yang terintegrasi dengan Direktori Putusan dan Sistem Administrasi Perkara (SIAP) Mahkamah Agung, aplikasi SIPP Modul Gugatan Ekonomi Syariah, dan aplikasi SIPP Modul Gugatan Sengketa Pemilihan Umum.

Penyampaian Laptah MA 2018 ini bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, para ketua MA Negara-negara sahabat. Di antaranya Ketua MA Singapura YM Sundaresh Menon, Ketua Mahkamah Federal Malaysia YM Tan Sri Datuk Seri Panglima Richard Malanjum, dan Ketua MA Belanda YM Maarten Feteris.

Kemudian Wakil Ketua MA Kerajaan Qatar, Wakil Ketua MA Republik Sudan, para Hakim Agung dari Kerajaan Bahrain. (*)




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID