logo rilis

Usung Gatot sebagai Capres, Tiga Parpol Ini Meroket Elektabilitasnya
Kontributor

08 Mei 2018, 16:57 WIB
Usung Gatot sebagai Capres, Tiga Parpol Ini Meroket Elektabilitasnya

RILIS.ID, Jakarta— Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol). Dalam surveinya, sosok calon presiden dikaitkan dengan elektabilitas parpol.

Survei sendiri diselenggarakan pada 28 April hingga 5 Mei 2018 terhadap 1.200 responden dengan wawancara tatap muka serentak di 34 provinsi. Metode yang dilakukan dengan multistage random sampling dilengkapi FGD dan analisis media serta indepth interview. Margin of error dari survei ini yakni +- 2,9%.

Masih dalam survei, ada pertanyaan 'Jika Partai Gerindra/PKB/Demokrat mengajukan Gatot Nurmantyo sebagai capres, partai mana yang akan dipilih dalam Pemilu Legislatif 2019?', hasilnya pun mengejutkan.

"Parpol disebut mengusung Gatot, elektabilitasnya naik," ujar peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Selain itu, ada tiga parpol yakni Gerindra, PKB dan Demokrat yang disurvei LSI,  dalam survei elektabilitas menurut tingkat keterpilihannya jika mencalonkan Gatot menunjukkan kenaikkan.

"Gerindra naik menjadi 19,80%, Demokrat naik jadi 16,50%, PKB juga jika mencalonkan Gatot suara PKB menjadi naik hingga 15,80%. Jadi partai yang terasosiasi dengan Gatot sebagai capres ini makin meninggi suaranya," tukasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)