logo rilis

Usul Zainudin Amali agar Anak Tak Ikut Kampanye Politik
Kontributor

17 April 2018, 23:13 WIB
Usul Zainudin Amali agar Anak Tak Ikut Kampanye Politik
Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Golkar Zainudin Amali (tengah) bersama Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini (kanan) dan Komisioner KPAI Jasra Putra (kiri) saat diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/4/2018). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Komisi II DPR RI, Zainudin Amali, mengusulkan ada tempat penitipan anak di tiap tempat kampanye. Dengan begitu, buah hati tak menjadi objek eksploitasi saat "pesta demokrasi".

"Misalnya di lapangan, cari tempat, rumah, atau warga, atau apa saja yang dikhususkan untuk menitipkan anak. Dan panitia penyelenggaraan kampanye, itu bertanggung jawab," ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Di tempat penitipan anak tersebut, panitia pun harus menerapkan aturan ketat. Sehingga, keamanan dan keselamatan anak peserta kampanye terjamin.

"Jangan selesai kampanye, dia (orang tua) balik lagi, anaknya sudah tidak ada," jelasnya mengingatkan, jika panitia kampanye tak memberlakukan aturan ketat.

Baca: Diajak Kampanye, Zainudin: Masa Depan Anak Bisa Salah Arah

"Kalau (fasilitas penitipan anak) itu tidak ada, maka kampanye tidak diizinkan. Kalau itu (diterapkan), saya kira menarik dan pasti akan dipatuhi," imbuh Zainudin yakin.

Politisi Partai Golkar ini juga mengusulkan tema anak pada kampanye menjadi isu sentral. Misalnya, tercantum dalam materi debat kandidat.

"Sehingga, dari awal si calon ini sebelum menjadi calon pun ini sudah ada terekam dalam benaknya, saya harus punya konsep, perhatian terhadap anak. Karena, anak inilah menjadi masa depan kita semua," terangnya.

Zainudin berkeyakinan, penyelenggara pemilihan umum (pemilu) takkan berkeberatan dengan hal-hal teknis tersebut. "Kami juga di DPR. Kalau ada hal-hal seperti itu, kita sambut dan kita tidak perlu perdebatkan lagi," tuntasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)