logo rilis

Usai Idul Fitri, Lombok Rayakan Tradisi Lebaran Topat
Kontributor
Ning Triasih
22 Juni 2018, 17:30 WIB
Usai Idul Fitri, Lombok Rayakan Tradisi Lebaran Topat
Tradisi Lebaran Topat di LOmbok. FOTO: Instagram/@fahmyjurnalispreneur

RILIS.ID, Mataram— Ketupat menjadi salah satu hidangan wajib saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Uniknya, meski lebaran telah usai, ketupat justru menjadi perayaan di Lombok, yakni lewat selebrasi Lebaran Topat.

Ya, topat alias ketupat menjadi hidangan utama bagi masyarakat Lombok dalam perayaan tahunan ini. Perayaan ini sudah jadi tradisi yang dijaga dan dilestarikan secara turun-temurun oleh asyarakat suku Sasak.

Tradisi perayaan Lebaran Topat ditandai dengan pemotongan "topat agung masjid tumpang" yang dibuka langsung oleh Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana, di Pantai Loang Baloq, Kecamatan Sekarbela, Jumat (22/6/2018) seperti dilansir dari ANTARA.

Perayaan Lebaran Topat sendiri diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk ziarah ke makam para wali, salah satunya Makam Loang Baloq. Ini merupakan salah satu makam yang dikeramatkan warga di Pulau Lombok, yakni seorang ulama besar yang berhasil menyebarkan agama Islam di Pulau tersebut.

Setelah ziarah, acara kemudian dilanjutkan dengan selakaran, zikir, doa dan ngurisan atau mencukur rambut bayi. Selain itu, dalam perayaan ini, biasanya masyarakat mendatangi objek wisata bersama sanak keluarga.

Makna Perayaan Lebaran Topat

Lebaran Topat adalah sebuah analogi untuk membersihkan hati dari segala penyakit seperti iri, dengki dan penyakit hati lainnya. Pasalnya, membelah topat dianalogikan sebagai belah hati

Makin berkembangnya zaman, perayaan Lebaran Topat di Lombok juga dikaitkan dengan kegiatan pariwisata. Pada saat Lebaran Topat, warga berbondong-bondong menyerbu tempat-tempat wisata.

Saat ini, Lebaran Topat telah dikemas menjadi sebuah agenda tahunan oleh beberapa kabupaten atau kota. Ada sejumlah lokasi di Lombok yang kerap dijadikan titik perayaan ini. Di Kota Mataram misalnya Makam Loang Baloq dan Makam Bintaro. Sedangkan di Lombok Barat, pusat perayaan Lebaran Topat biasanya dilaksanakan di Makam Batu Layar. Pantai Senggigi dan sekitarnya juga akan dipadati warga pada saat Lebaran Topat.

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)