logo rilis

Usai Disidak Ombudsman, Menkumham Langsung Perintah Bawahannya Cek Lapas Setya Novanto
Kontributor

16 September 2018, 21:03 WIB
Usai Disidak Ombudsman, Menkumham Langsung Perintah Bawahannya Cek Lapas Setya Novanto
Menteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Hasil sidak Ombudsman RI yang menemukan sel penjara milik mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto lebih luas dibanding narapidana lainnya langsung ditindaklanjuti oleh Kementerian Hukum dan HAM. Menkumham Yasonna Laoly mengaku telah mengutus Inspektur Jenderal Kemenkumham Aidir Amin Daud untuk memeriksa kabar tersebut.

"Irjen sedang cek Irjen fasilitasnya seperti apa di sana," ucapnya dalam siaran pers yang diterimarilis.id, Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Yasonna juga menyampaikan pasca operasi tangkap tangan Eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husein oleh KPK terkait kasus dugaan jual-beli fasilitas sel beberapa waktu lalu, dirinya telah meminta Kepala  Lapas Sukamiskin yang baru Tejo Herwanto untuk terus mengecek fasilitas bagi warga binaan di Lapas Sukamiskin.

Ia juga meminta agar Kalapas baru segera membuat langkah-langkah menertibkan fasilitas sel untuk peruntukan bagi warga binaan kasus korupsi. Namun begitu, Yasonna mengaku belum tahu apakah memang ada perbedaan luas kamar di sel beberapa warga binaan termasuk salah satunya milik Setya Novanto.

"Yang pasti pasca-peristiwa yang lalu, fasilitas sel sudah dikoreksi oleh Kalapas Sukamiskin yang baru. Soal besarnya ruangan sel. Kita cek apakah ada perubahan," ujar Yasonna Laoly tegas.

Menkumham Yasonna menambahkan, bahwa terkait kabar dari Ombudsman RI itu jajaran Lapas Sukamiskin juga sudah diperintahkan untuk mengevaluasi penerapan fasilistas sel bagi warga binaan kasus korupsi di sana.

"Irjen Kemenkumham sudah dikirim ke Lapas Sukamiskin memastikan temuan sidak Ombudsman RI," tutupnya.

Sebelumnya, dalam sidak yang dilakukan Ombudsman RI, terdapat temuan kamar penjara terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto berukuran lebih besar. Sidak yang dilakukan oleh Ombudsman RI yang dipimpin anggota Ombudsman Ninik Rahayu pada Kamis (13/9) malam itu mendapati adanya kasur seperti di hotel dan juga lebgkap dengan rak buku dan meja.

"Ada kamar yang lebih luas. Itu dihuni oleh Pak Setya Novanto, memang lebih luas. Kalau ditanya ukuran bingung, pokoknya dua kali lipat," ucap Ninik di kantor Kemenkum HAM Kanwil Jawa Barat, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jumat (14/9).

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID