logo rilis
Urusan Ibu Kota Kelar, Mendagri Kunjungi Maybrat
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
28 Mei 2018, 23:20 WIB
Urusan Ibu Kota Kelar, Mendagri Kunjungi Maybrat
Mendagri Tjahjo Kumolo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, dalam waktu dekat akan mengunjungi Kabupaten Maybrat, Papua Barat dalam rangka menindaklanjuti pertemuan Tim Rekonsiliasi Sosial dan Adat Maybrat dengan jajaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Senin (28/5/2018) sore tadi.

"Secara prinsip membangun Kabupaten Maybrat yang damai itu harus didahulukan," kata Tjahjo di Kantor Kemendagri.

Seperti diketahui, Kabupaten Maybrat merupakan daerah yang saat ini masih bermasalah dalam menentukan ibu kota daerahnya. Padahal, MK sudah beberapa kali memberikan putusan, namun dianggap tak kunjung menyudahi konflik tersebut.

Menurut Tjahjo, soal beda pendapat itu biasa dalam demokrasi. Tapi, tim rekonsiliasi tadi sudah banyak memberikan pertimbangan dari berbagai aspek, mulai dari historis hingga sosiologis di sana.

"Kabupaten Maybrat termasuk wilayah yang tertinggal di Indonesia dalam hal percepatan pembangunannya. Ini yang menyedihkan," tambah Tjahjo.

Adapun untuk melaksanakan musyawarah adat perdamaian, Tim Rekonsiliasi Kabupaten Maybrat diberikan waktu dua pekan ke depan.

Dalam pelaksanaan kinerjanya, tim tersebut didukung pula Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk melaksanakan musyawarah tersebut.

Diharapkan dengan langkah itu, kerja tim rekonsiliasi yang berasal dari tokoh adat, tokoh agama, budayawan dan pemerintah daerah (pemda) dapat segera merampungkan persoalan di sana.

"Kalau tadi keputusannya, kembali pada UU yang lama," tambah Tjahjo.

Soal sudah adanya putusan MK sebelumnya, kata Tjahjo, pihaknya akan bersurat ke lembaga peradilan konstitusi tersebut. Karena, ini upaya untuk menghindari perpecahan dan pertumpahan darah di daerah tersebut.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)