Home » Peristiwa » Daerah

​Urgensi Pemda Lindungi Pekerja Informal dengan BPJS Ketenagakerjaan

print this page Minggu, 5/11/2017 | 11:32

Koordinator Nasional Masyarakat Peduli BPJS, Hery Susanto (kedua kiri). FOTO: Dok. pribadi

RILIS.ID, Makassar– Masyarakat Peduli Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (MP BPJS) menyatakan, pekerja informal perlu mendapatkan perlindungan jaminan sosial. Soalnya, mereka paling rentan terhadap risiko kerja dan belum merasakan manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

"Padahal, manfaat yang diberikan oleh badan hukum publik milik negara tersebut, bersifat kapital atau mampu menyokong finansial pekerja dan juga keluarganya," ujar Koordinator Nasional (Kornas) MP BPJS, Hery Susanto, di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (4/11/2017).

Hery menerangkan, iuran BPJS Ketenagakerjaan paling kecil cuma Rp16.800 per bulan. Katanya, nilai itu cukup ringan, namun memiliki manfaat besar bagi pekerja kala mengalami risiko kerja.

Mianya, kecelakaan kerja akan diganti sebesar 48 kali gaji yang dilapor. Bila pekerja yang bersangkutan meninggal dunia, keluarganya akan mendapatkan manfaat sebesar Rp24 juta.

Dengan demikian, pekerja informal yang pendapatannya relatif kecil, bakal sangat terbantu dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Terlebih, anaknya bisa mendapatkan beasiswa hingga kuliah.

Dia pun mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar segera menganggarkan jaminan sosial bagi pekerja informal, seperti yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Pekerja formal dilindungi dan dibayarkan oleh perusahaan iuran BPJS Ketenagakerjaan. Sementara, pekerja informal bila mendapat risiko, siapa yang bertanggung jawab?" tanya Hery.

"Kami mengharapkan daerah lain, seperti Pemerintah Kota Makassar ini, bisa melakukan hal yang sama, menganggarkan dalam RAPBD 2018. Sehingg​​a, bila ada pekerja informal yang meninggal, tidak menjadi beban bantuan sosial pemda lagi," pungkasnya.

Penulis Fatah H Sidik

Tags:

MP BPJSBPJS KetenagakerjaanPekerja InformalHery SusantoMakassarDKI Jakarta

loading...