logo rilis

'Untuk Apa Mendag Repot-repot Mengeluarkan Izin Impor?'
Kontributor
Ainul Ghurri
13 Januari 2018, 19:18 WIB
'Untuk Apa Mendag Repot-repot Mengeluarkan Izin Impor?'
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo, mengkritisi kebijakan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengimpor 500 ribu ton beras dari Vietnam. Sebab, terjadi panen raya sejak Januari-Februari 2018, hasil tanam Oktober 2017.

"Bulan Oktober adalah musim tanam dan Januari sudah panen raya yang puncaknya pada bulan Februari. Lalu, untuk apa Mendag repot-repot mengeluarkan izin impor?" ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima rilis.id di Jakarta, Sabtu (13/1/2018).

Politisi Golkar ini yakin Indonesia kembali surplus beras. Dan itu, bisa dipertanggungjawabkan. Faktanya, ada stok beras di sejumlah daerah pada bulan ini. Apalagi, harga terkendali jelang Lebaran dan Natal hingga tahun baru kemarin.

"Karena itu, saya sangat kecewa dan mengecam keras kebijakan Mendag yang semakin akan membuat kecewa dan menyengsarakan petani," sesal Firman.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, sebelumnya menyatakan, impor beras khusus oleh Kementerian Perdagangan untuk cadangan pangan selama enam hari. Pasalnya, stok beras di Bulog cuma 900 ribu ton, sedangkan kebutuhan 2,5 juta ton per bulan.

"Insya Allah ke depan baik-baik saja. Karena, Oktober hingga Desember musim tanam, Januari berarti ada panen. Februari sudah masuk panen puncak mengikuti tahun 2017," katanya, Jumat (12/1).

Sementara, Menteri Perdagangan Enggartiasto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, terkait impor tersebut. Dalihnya, sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 1 Tahun 2018 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Beras.

"Saya laporkan beras yang diimpor masuk dalam kategori keperluan tingkat lain dengan tingkat kepecahan lima persen," paparnya usai rapat koordinasi pangan di Kemenko Perekonomian.


#Kemendag
#Enggartiasto Lukita
#Beras
#Firman Subagyo
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)