logo rilis
UNRWA: Zionis Sengaja Tembak Demonstran Palestina Tak Bersenjata
Kontributor
Syahrain F.
23 Mei 2018, 13:35 WIB
UNRWA: Zionis Sengaja Tembak Demonstran Palestina Tak Bersenjata
Tentara Zionis menembaki para demonstran Palestina yang tengah menggelar aksi di Perbatasan Gaza, pada 30 Maret 2018. Credit: Reuters

RILIS.ID, Gaza— Komisaris Jenderal Badan Bantuan Pengungsi Palestina (UNRWA) Pierre Krahenbuhl menyatakan, Israel telah secara sengaja menargetkan demonstran Palestina di dekat perbatasan Gaza-Israel pekan lalu.

Dalam sebuah konferensi pers di Gaza, pada Selasa (22/5/2018), Krahenbuhl mengaku terkejut melihat luka yang diderita para demonstran Palestina.

Melansir kantor berita Anadolu Agency, Krahenbuhl mengatakan, tentara Israel dengan sengaja menyerang bagian bawah, lutut, punggung dan kepala para demonstran.

13.000 warga Palestina luka-luka sejak awal aksi demonstrasi Gaza pada 30 Maret. 3.500 di antaranya terluka akibat peluru tajam, kata Krahenbuhl.

Dia menambahkan, jumlah korban yang sangat besar dan kondisi luka yang parah membuat sektor kesehatan di Gaza membludak.

Pada 14 Mei, 65 demonstran Palestina yang tidak bersenjata meninggal dunia dan ribuan orang lainnya luka-luka akibat tembakan tentara Israel di Gaza.

Aksi protes itu bertepatan dengan peringatan 70 tahun diresmikannya penjajahan Zionis di atas Palestina pada 1948--sebuah peristiwa yang disebut oleh warga Palestina sebagai Nakba atau malapetaka.

Mereka juga memprotes pemindahan Kedutaan Besar AS deari Tel Avivi ke Yerusalem yang berlangsung pada hari yang sama.

 

Israeli soldiers shoot tear gas from the Israeli side of the Israel-Gaza border, as Palestinians protest on the Gaza side of the border, on March 30, 2018. (Reuters)


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)