logo rilis

Uni Eropa Perluas Sanksi terhadap Korut Terkait Aktivitas Nuklir
Kontributor
Syahrain F.
07 April 2018, 23:22 WIB
Uni Eropa Perluas Sanksi terhadap Korut Terkait Aktivitas Nuklir
Korea Utara melakukan uji coba nuklir pada di lokasi yang tak diketahui pada 7 Maret 2018. FOTO: KRT via AP

RILIS.ID, Brussels— Uni Eropa pada Jumat (6/4/2018) memperluas sanksi-sanksi yang diterapkan kepada Korea Utara, sebagai respons atas kegiatan negara tersebut yang berhubungan dengan nuklir dan rudal balistik.

UE akan menerapkan langkah-langkah restriktif baru yang sejalan dengan keputusan DK PBB, kata Dewan UE melalui sebuah pernyataan.

UE menambahkan lima individu dan 21 lembaga dalam daftar pembekuan aset dan pembatasan perjalanan, lanjut pernyataan itu.

Saat ini, ada 80 orang dan 75 lembaga Korea Utara yang terdaftar oleh PBB dan siap diberi sanksi.

Selain daftar sanksi yang dimiliki PBB, Dewan UE juga memiliki daftar restriktif baru yang terdiri dari 55 orang dan sembilan perusahaan.

UE juga melarang 15 kapal Korea Utara masuk ke pelabuhan-pelabuhan Eropa dan memerintahkan aset 15 kapal lainnya untuk dibekukan.

UE bersikeras bahwa kegiatan nuklir dan rudal balistik yang dilakukan Korea Utara masih memberikan ancaman serius terhadap perdamaian internasional.

Keputusan itu ditempuh UE di tengah rencana pertemuan antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden Korsel dan Presiden Amerika  Serikat.

Sumber: Anadolu Agency


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)