logo rilis
Uni Eropa Gelontorkan Duit Rp332,74 Miliar untuk 10 Proyek
Kontributor
Yayat R Cipasang
24 Mei 2018, 20:38 WIB
Uni Eropa Gelontorkan Duit Rp332,74 Miliar untuk 10 Proyek
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Uni Eropa mengalokasikan lebih dari 20 juta Euro atau sekira Rp332,74 miliar untuk 10 proyek pembangunan baru di Indonesia selama 2017. Fokus utamanya pada perdagangan dan pengembangan kapasitas.

"Program-program ini ditujukan agar Indonesia lebih bisa mendapat keuntungan dari perdagangan internasional, meningkatkan ekspor, dan mendukung negosiasi Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif (CEPA)," kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend dalam peluncuran laporan tahunan kerja sama pembangunan Uni Eropa-Indonesia Blue Book 2018 di Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Selain perdagangan, Uni Eropa juga mendukung Indonesia dalam pengelolaan lahan gambut, perikanan, dan kehutanan secara berkelanjutan, sebagai upaya memerangi perubahan iklim.

Tema utama EU-Indonesia Blue Book 2018 yakni perubahan iklim, merefleksikan komitmen Uni Eropa dalam mendukung perlawanan terhadap dampak negatif perubahan iklim, serta keseluruhan reformasi lingkungan yang bersahabat.

Setelah KTT Perubahan Iklim di Paris pada 2015 dan berlakunya Perjanjian Paris pada 2016, Uni Eropa dan Indonesia melanjutkan momentum ini melalui kerja sama untuk menanggapi isu iklim dan lingkungan hidup.

Pada 2017, Uni Eropa dan Indonesia merayakan satu tahun penerapan Inisiatif Penegakan Hukum, Tata Kelola, dan Perdagangan Hutan (FLEGT) untuk mencegah penebangan hutan secara ilegal dan melindungi ekosistem kehutanan.

Uni Eropa telah mendukung beberapa inisiatif di Indonesia pada tingkat nasional dan subnasional dalam mentransformasi pendekatan pembangunan dan mengurangi jejak karbon.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)