logo rilis
UNHCR Kucurkan Dana Jutaan Euro bagi Pengungsi di Turki
Kontributor
Syahrain F.
12 Januari 2018, 22:40 WIB
UNHCR Kucurkan Dana Jutaan Euro bagi Pengungsi di Turki
Seorang pengungsi menggendong karung bawaan di Bab al-Salameh, di perbatasan Turki-Suriah, 10 Februari 2016. FOTO: Anado

RILIS.ID, Ankara— Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) pada Kamis (12/1) mengumumkan proyek baru untuk mendukung perlindungan pengungsi dan pelayanan untuk pencari suaka di Turki.

Proyek selama 21 bulan itu dibiayai oleh Uni Eropa (UE) dengan menghabiskan dana sebesar €25 juta untuk membangun fasilitas pengungsi di Turki.

"Tujuan spesifik proyek ini adalah untuk turut ikut serta dalam perlindungan pengungsi dan pencari suaka di Turki," jelas UNHCR melalui pernyataan tertulisnya.

Proyek itu juga akan menyediakan bantuan hukum bagi pengungsi, dibantu oleh Asosiasi Pengacara Turki (UTBA). Mereka akan memberikan akses terhadap layanan bantuan hukum bagi pengungsi dan pencari suaka di 18 provinsi Turki.

Jane Lewis, kepala Perlindungan Sipil dan Bantuan Kemanusiaan UE di Turki, menekankan, pengungsi di Turki memiliki akses terhadap berbagai layanan sosial, termasuk kesehatan dan pendidikan melalui sejumlah institusi publik.

"Pemenuhan hak-hak pengungsi kadang dipersulit karena kurangnya informasi mengenai proses hukum. Kami menganggap proyek ini sangat penting karena akan memperbaiki kondisi hidup para pengungsi di Turki," terang Lewis.

Perwakilan UNHCR di Turki Katharina Lumpp juga memuji terlaksananya proyek itu.

"Proyek ini memberikan bantuan yang cukup besar agar UNHCR bisa memprioritaskan kerjanya di Turki. Prioritas itu termasuk meningkatkan perlindungan bagi pengungsi dan membuka akses mereka terhadap layanan yang disediakan lembaga-lembaga nasional dan lokal," kata Lumpp.

Saat ini, Turki menjadi negara penampung pengungsi terbesar di dunia. Lebih dari tiga juta pengungsi Suriah berada di negara itu.

Sumber: Anadolu Agency


#turki
#pengungsi
500
komentar (0)