logo rilis

Unair Bantah Bikin Survei Pilgub Jatim
Kontributor
Budi Prasetyo
30 Mei 2018, 17:12 WIB
Unair Bantah Bikin Survei Pilgub Jatim
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Surabaya— Universitas Airlangga (Unair) membantah telah mengeluarkan hasil survei tentang Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair Suko Widodo.
 
"Secara kelembagaan atau institusi, Universitas Airlangga tidak mempunyai program serta tidak pernah melakukan survei berkaitan dengan elektabilitas pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur  di Pilkada Jawa Timur 2018," katanya, Rabu (30/5/2018).

Dia mengatakan, secara institusi, Unair tetap independen dan tidak memihak pasangan manapun. 

"Tidak memihak pada salah satu pasangan calon, netral, serta tidak berpolitik praktis," tambahnya. 

Dia mengatakan, akademisi di Universitas Airlangga memang mempunyai hak kebebasan akademik untuk berpendapat serta melakukan penelitian. Termasuk survei sepanjang hal tersebut dilakukan sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki serta menggunakan metode ilmiah  yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Hasil dari survei atau penelitian sebagaimana butir itu merupakan tanggungjawab individu masing-masing pelaksana survei, bukan tanggung jawab Universitas Airlangga, serta tidak menggambarkan pendapat dan pandangan Universitas Airlangga," tandasnya. 

Sebelumnya, Survei Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konfilk (Puspek) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya merilis surveinya di Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Hasilnya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno unggul dari rivalnya Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dari tingkat elektabiltas.

"Hasilnya, pasangan Gus Ipul-Puti meraih 47,25 persen, sedangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak 42,25 persen," ujar peneliti asal PusPek Unair Putu Aditya di Surabaya, Rabu (30/5/2018). 

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)