logo rilis

Ultah ke-72, Sri Sultan: Sampai Mati Mengabdi
Kontributor

02 April 2018, 21:59 WIB
Ultah ke-72, Sri Sultan: Sampai Mati Mengabdi
Sri Sultan HB X. FOTO: jogjaprov.go.id

RILIS.ID, Yogyakarta— Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hemengkubawono (HB) X mengaku tidak memiliki cita-cita selain mengabdikan dirinya untuk melayani masyarakat hingga penghujung usianya.

"Saya tidak punya cita-cita, 'wong' kewajiban saya mengabdi kok, ya, sudah sampai mati mengabdi saja," kata Sultan saat ditanya mengenai cita-cita di hari ulang tahunnya yang ke-72 tahun di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (2/4/2018).

Sejumlah aparat sipil negara (ASN) dan awak media sebelumnya memberikan kejutan kue ulang tahun kepada Sri Sultan. Dalam kesempatan itu, Sri Sultan sendiri mengaku tidak pernah merayakan hari ulang tahunnya secara khusus.

"Saya biasa saja. Tidak pernah merayakan (ulang tahun) kok," kata Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini.

Sri Sultan melanjutkan, terkait bentuk pengabdiannya akan ia serahkan kepada kemauan masyarakat Yogyakarta. Sebagai Gubernur DIY, menurut dia, hal utama yang wajib ia capai adalah mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

"Tetapi kan secara bertahap berkelanjutan, tidak mungkin itu (upaya menyejahterakan masyarakat) hanya satu generasi. Juga harus sesuai dengan tantangan zaman," kata Sri Sultan.

Sri Sultan HB X lahir di Yogyakarta pada 2 April 1946. Raja Kasultanan Ngayogyakarta sejak 1989, dan Gubernur DIY sejak 1988 ini memiliki nama kecil Bendara Raden Mas (BRM) Herjuno Darpito.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)