logo rilis
Ukur Elektabilitas Jokowi, LIPI: Kalau Sekarang Laku, Besok Enggak?
Kontributor
Nailin In Saroh
10 Februari 2018, 17:15 WIB
Ukur Elektabilitas Jokowi, LIPI: Kalau Sekarang Laku, Besok Enggak?
Pengamat LIPI Siti Zuhro/Nailin In Saroh

RILIS.ID, Jakarta— Sejumlah nama baru muncul sebagai alternatif calon presiden di Pilpres 2019. Nama lawas, Joko Widodo dan Prabowo Subianto masih menjadi kandidat paling kuat di kontestasi pemilihan kepala negara Republik Indonesia.

Belakangan, muncul dispekulasi Joko Widodo tak lagi diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pasalnya, hingga kini partai berlambang banteng itu belum juga mendeklarasikan Jokowi sebagai calon presidennya.

Begitu pula Prabowo Subianto, mantan Pangkostrad ini disebut-sebut berada dibelakang layar. Gerindra dan partai koalisi, bakal mendukung calon lain. Meski kader sudah mendengungkan Prabowo sebagai Presiden Indonesia.

"Apapun bisa terjadi. Politik itu penuh opsi-opsi, kemungkinan-kemungkinan dan dinamika juga penuh konteks. Jadi kalau sekarang laku, besok enggak laku?" ungkap Peneliti Senior LIPI Siti Zuhro kepada rilis.id di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2018).

Menurut Wiwik, sapaan akrabnya, dinamika pada Pilkada Jawa Timur 2018 bisa menular ke Pilpres 2019. Di mana muncul calon yang tak disangka-sangka.

"Itu yang terjadi di Jatim. Kita enggan mengira Anas mundur. Tiba-tiba ada Gus Ipul-Puti. Kita enggak sangka-sangka ada 4 pasangan calon di Jabar, melihat seolah-olah hanya 3 maksimal," bebernya.

Jadi, lanjut Wiwik, politik adalah momen bagaimana memainkan konteks yang tepat. Tentu juga melibatkan perasaan masyarakat.

"Animo masyarakat, antusias masyarakat, dan partai akan patuh terhadap animo masyarakat," tutupnya.
 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID