logo rilis
UISU dan Dewan Dakwah Sumut Sepakat Bangun Kampus Dai
Kontributor
Elvi R
21 Maret 2018, 19:10 WIB
UISU dan Dewan Dakwah Sumut Sepakat Bangun Kampus Dai
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Medan— Universitas Islam Sumatera Utara bersama Dewan Dakwah Sumatera Utara melakukan kerja sama dalam berbagai hal, salah satunya pendidikan tinggi untuk para dai yang ada di daerah itu.

Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Prof Mhd Asaad mengatakan, kerja sama yang dilakukan dengan dewan Dakwah Sumatera Utara tersebut merupakan implementasi dari Catur Dharma UISU yakni pendidikan, penelitian, pengabdian dan dakwah Islamiyah.

Beberapa poin kerja sama yang akan direalisasikan secepatnya adalah pengabdian kepada masyarakat dalam pembangunan Rumah Dai dan musala. Keduanya merupakan program yang akan dilaksanakan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPKM) UISU.

"Kemudian juga akan dilaksanakan kerja sama dengan Fakultas Agama Islam (FAI) UISU dalam hal pendidikan tinggi untuk dai. Kita juga tentunya harus peduli kepada pendidikan para dai," katanya.

Ketua Dewan Dakwah Sumatera Utara Ahmad Husein mengatakan, pihaknya berkeyakinan kerja sama tersebut akan terlaksana secepatnya, sebab UISU dan Dewan Dakwah memiliki persamaan dalam memberikan kontribusi yang terbaik untuk umat Islam.

Berdasarkan catatan Dewan Dakwah Sumatera Utara, persoalan yang dihadapi umat Islam saat ini sangat kompleks, demikian juga dengan keberadaan dai yang mulai berkurang.

"Jangankan di daerah kabupaten/kota, di beberapa daerah pinggiran seputaran Medan masih kita temukan tidak adanya dai padahal masyarakatnya semua Islam bahkan musala juga tidak ada," katanya.

Untuk itu, katanya, sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk dapat membantu persoalan yang dihadapi masyarakat saat ini, mulai dari masalah minimnya dai, fasilitas musala hingga pendidikan tinggi untuk umat Islam dan dai yang bertugas di daerah-daerah.

"Hal itulah yang menjadi latarbelakang kerja sama antara Dewan Dawah Sumut dengan UISU untuk bersama-sama melakukan dakwah Islamiyah di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)