logo rilis
UHAMKA Gelar Pameran Fotografi Jurnalistik soal Tanah Abang
Kontributor
Nailin In Saroh
17 April 2018, 02:02 WIB
UHAMKA Gelar Pameran Fotografi Jurnalistik soal Tanah Abang
Foto: UKM MPF I-Fotografi UHAMKA Gelar Pameran Foto Jurnalistik

RILIS.ID, Jakarta— Unit Kegiatan Mahasiswa, Mahasiswa Pecinta Fotografi (UKMPF) I-Fotografi Universitas Muhammadyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) menggelar pameran foto jurnalistik di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA, Jalan Raya Bogor Kilometer 23, Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (16/4/2018).

Pameran foto bertema 'Return' itu mengangkat kehidupan sosial masyarakat di Jakarta, lengkap dengan narasinya. Salah satunya, soal antitesis Tanah Abang. Pameris, memotret pasar Tanah Abang yang berganti aturan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini memodernisasi pasar yang didominasi kaki lima tersebut.

Dalam Foto cerita berjudul Antitesis Tanah Abang itu, masyarakat menuangkan komentarnya. Sebagian senang, sebagian lagi mengeluhkan kebijakan sang gubernur.

"Sejak penataan sih enak, enggak perlu kucing-kucingam sama Satpol PP," ujar pedagang kaki lima Pasar Tanah Abang, Bukhari seperti dikutip dalam tulisan Dyah Putri Ayu.

"Akibat penataan, saya merasa dirugikan karena omset menurun drastis," sambung Alan, pedagang yang kontra dengan penataan tersebut.

Perwakilan Rektorat, Gilang Ramadhan mengaku, dirinya dan kampusnya mengapresiasi komunitas mahasiswa dari berbagai fakultas itu.

"Kami dukung mahasiswa di I-Fotografi mengikuti lomba foto jurnalistik dikancah internasional," ungkap Gilang saat membuka pameran di Auditorium FEB UHAMKA, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Sementara, Ketua pelaksana Fajar Alim Mutaqin mengatakan, pameran foto angkatan XIV UKM MPF i-Fotografi UHAMKA yang bertema Return ini dimaksudkan untuk mengingatkan para anggota untuk kembali berkarya lewat foto. Karena sebuah foto, kata dia, adalah berita yang jujur dan fakta yang tak bisa dibantah.

"Ada 94 foto dari 15 pameris. Pameran ini gratis, dibuka untuk umum. Ini kita buka hingga Kamis, 19 April 2018," jelas Fajar.

Puluhan foto tersebut terpampang rapi di 37 pintu partisi. Ada yang terbingkai dalam ukuran kecil hingga besar.

"Kami berharap tidak akan berhenti berkarya seperti tema yang diangkat. Khususnya, kami mengajak teman-teman diseluruh kampus se-Indonesia sebagai generasi muda aktif meningkatkan passion mereka dibidang fotografi,"
tambah Ketua Umum I-Fotografi UHAMKA, Diyyas Sepdyan.
 

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)