Home » Peristiwa » Dunia

Ucapan Kotor Trump terhadap Negara Afrika Picu Kemarahan Politisi AS

print this page Jumat, 12/1/2018 | 23:05

Presiden AS Donald Trump mengadakan rapat dengan para senator di Ruangan Roosevelt, di Gedung Putih, Washington. FOTO: The New York Times/Tom Brenner

RILIS.ID, Washington— Pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali memicu kemarahan.

Sebuah sumber yang tidak ingin dipublikasikan identitasnya menyampaikan, kemarin (11/1), Trump secara kasar menyebut negara Afrika sebagai "lubang kotoran". 

"Mengapa Amerika Serikat mau menampung pendatang dari 'negara lubang kotoran'?" ucap Trump merujuk  ke Haiti dan negara Afrika.

Pernyataan yang dia lontarkan di Gedung Putih itu muncul saat Senator Partai Demokrat Dick Durbin dan Senator Partai Republik Lindsey Graham membahas rancangan undang-undang imigrasi. 

Anggota parlemen Partai Demokrat dan Partai Republik mengecam Trump atas ucapannya itu.

Perwakilan Partai Republik, Mia Love, sekaligus anak dari imigran Haiti mengatakan, pernyataan tersebut sangat bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi di AS.

Dia pun meminta Trump untuk meminta maaf kepada orang-orang Amerika dan negara-negara yang direndahkannya.

Perwakilan dari Partai Republik lainnya, Ileana Ros-Lehtinen, kelahiran Kuba yang imigran Haiti mengatakan, bahasa seperti itu seharusnya tidak terdengar di ruang ganti, apabila di Gedung Putih.

Senator Demokrat Richard Blumenthal mengatakan, pernyataan presiden tersebut bernada rasisme terang-terangan, yang paling menjijikkan dan berbahaya, yang menyamar sebagai kebijakan imigrasi.

Penulis Syahrain F.
Sumber ANTARA

Tags:

amerika serikathaitudonald trump