Home » Muda

TurunTangan Surabaya Gelar Olimpiade Sekolah Rakyat

print this page Minggu, 19/11/2017 | 21:10

Kegiatan Olimpiade Sekolah Rakyat III oleh TurunTangan Surabaya di Taman Prestasi, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/11/2017). FOTO: TurunTangan Surabaya

RILIS.ID, Surabaya— TurunTangan Surabaya, organisasi nirlaba berbasis di Kota Pahlawan, menggelar Olimpiade Sekolah Rakyat (OSR) III di Taman Prestasi, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/11/2017). Kegiatan diikuti 32 tim dari 20 sekolah rakyat, rumah belajar, ataupun rumah singgah binaan di Surabaya dan sekitarnya.

"OSR III bertujuan untuk menjadi wadah komunikasi antarrumah belajar. Sehingga, dapat saling berkembang ke depannya," ujar Koordinator Umum TurunTangan Surabaya, Azizul Amri, dalam siaran pers kepada rilis.id, beberapa saat lalu.

OSR, sambungnya, juga bertujuan menarik minat peserta didik dari sekolah rakyat untuk bersaing dan berkompetisi di bidang akademik juga sebagai wadah memperlihatkan optimisme pendidikan di Jatim, khususnya Surabaya. "Sehingga, pemerintah kota maupun provinsi akan terus berbenah dan melakukan perbaikan pendidikan, khususnya dalam menfasilitasi anak-anak yang tidak mampu mengakses pendidikan formal," harapnya.

Tak seperti namanya, kegiatan tersebut memadukan antara kecerdasan akademik dan non-akademik. Olimpiade, merupakan satu dari beberapa bagian kegiatan OSR itu. Diantaranya, para peserta menjawab soal-soal dari panitia. Hasilnya, diakumulasikan nilainya dengan bagian OSR lainnya, rally games. "Rally games terdiri dari tiga permainan, yaitu bunderan koran, papertoy, dan rangking 1," tambah Azizul.

Dengan demikian, OSR III tak bergantung kepada akademik semata. Namun, kecerdasan non-akademik yang dipadukan dengan konsep belajar yang di luar ruangan. "OSR juga menyediakan wadah seni bagi rumah belajar yang ingin tampil," ungkap Menteri Sosial Kebangsaan BEM PENS ini.

Sedikitnya 10 peserta dari 10 rumah belajar berpartisipasi dalam Art Contest. Bagi pemenang, panitia memberikan hadiah berupa Trofi Art of Performance dan uang tunai. Rangkaian kegiatan acara dimulai pada pukul 7.30 dan berakhir 16.00 yang ditandai dengan pengumuman pemenang OSR III dan Art Contest.

Penulis Henrikus Setyadi
Editor Fatah H Sidik

Tags:

TurunTangan SurabayaOlimpiade Sekolah RakyatSurabaya