logo rilis
Trump Nyatakan Terbuka Berunding dengan Pemimpin Korut
Kontributor
Syahrain F.
11 Januari 2018, 20:58 WIB
Trump Nyatakan Terbuka Berunding dengan Pemimpin Korut
Presiden AS Donald Trump. FOTO: Anadolu Agency

RILIS.ID, Washington— Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diberitakan melakukan percakapan telepon dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in. 

Dalam komunikasi itu, Trump mengatakan, AS terbuka  untuk berunding dengan Korea Utara (Korut) pada waktu dan situasi yang tepat.

Gedung Putih, pada Rabu (10/1), merilis sebuah pernyataan tertulis terkait percakapan telepon Trump dan Moon.

Menurut pernyataan tersebut, AS mengikuti perkembangan perundingan Korut dan Korsel.

“Presiden Trump mengungkapkan keterbukaannya untuk mengadakan perundingan antara AS dan Korut pada waktu yang tepat, dalam situasi yang tepat,” tulis pernyataan tersebut.

Sementara itu, Wakil Presiden AS Mike Pence diumumkan akan menghadiri Olimpiade Musim Dingin yang akan digelar di Pyeong-Chang, Korsel, pada Februari mendatang. Pence akan hadir sebagai ketua delegasi AS di Korsel.

Pence dan delegasi akan tiba di Korsel pada tanggal 9 Februari. Ia kemudian akan melanjutkan kunjungan ke Tokyo.

Trump sebelumnya menyatakan akan menyambut baik jika perundingan Korsel dan Korut lebih dari sekedar pembahasan Olimpiade.

“Kami senang melihat proses antara kedua negara. Olimpiade ini diharapkan akan membawa kemajuan (proses perundingan Koresl-Korut). Saya mendukung itu 100 persen, ” kata Trump.

Dalam percakapan sebelumnya dengan Moon, dilaporkan bahwa latihan militer AS-Korsel akan dihentikan sementara selama Olimpiade berlangsung.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, dalam pidato tahun barunya mengatakan, ia telah menyetujui untuk mengirimkan delegasinya ke Pyeong-Chang. Ia juga menyatakan, Korut terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan Seoul.

Terbukanya kembali jalur komunikasi itu merupakan hasil pendekatan hubungan diplomatik antara Korsel dan Korut, setelah terakhir mengadakan pertemuan resmi pada 2016. 

Sumber: Anadolu Agency


#korut
#korsel
#amerika serikat
500
komentar (0)