logo rilis

Trump-Kim Bertemu, Apa Dampaknya terhadap Ekonomi Indonesia?
Kontributor

12 Juni 2018, 07:16 WIB
Trump-Kim Bertemu, Apa Dampaknya terhadap Ekonomi Indonesia?
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Utara Kim Jong Un bakal bertemu di Capella Hotel, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6/2018) waktu setempat. Adakah pengaruhnya terhadap perekonomian Tanah Air?

"(Pertemuan) Trump dengan Kim Jong Un itu, politiknya yang penting," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, di Jakarta, Senin (11/6).

Baginya, pertemuan kedua pemimpin negara itu lebih bersifat politis. Sebab, karena salah satu pembahasan utamanya mengenai perlucutan senjata nuklir.

Meski begitu, Darmin tak "menutup mata" akan adanya imbas terhadap perekonomian global secara keseluruhan. Catatannya, kedua pihak tak menemui kata sepakat. "Sentimen ke ekonomi itu, akibat tidak langsung. Bukan akibat langsung," jelasnya.

Pemerintah sebelumnya menyatakan, mewaspadai berbagai risiko dari perkembangan eksternal yang bisa menganggu kinerja perekonomian nasional pada 2018 dan 2019. Satu di antaranya, terkait normalisasi kebijakan moneter Bank Sentral AS The Fed, potensi kebijakan proteksionisme, serta faktor geopolitik perkembangan di Timur Tengah dan semenanjung Korea.

Sebagai informasi, pertemuan Trump dengan Kim merupakan sejarah. Pasalnya, baru kali pertama Pemimpin Korut bertemu Kepala Negara AS dan keduanya sama-sama masih menjabat.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)