logo rilis
Tragis, Mantan Presiden Divonis 24 Tahun Penjara
Kontributor
Syahrain F.
06 April 2018, 21:45 WIB
Tragis, Mantan Presiden Divonis 24 Tahun Penjara
Mantan Presiden Korsel Park Geun-hye digiring petugas. FOTO: Reuters

RILIS.ID, Seoul— Mantan Presiden Koera Selatan (Korsel) Park Geun-hye divonis hukuman 24 tahun penjara atas kasus korupsi yang membelitnya.

Pengadilan pada Jumat (6/4/2018) memutuskan Park bersalah dan melakukan penyalahgunaan kekuasaan ketika dirinya menjabat sebagai presiden. Selain itu, Park juga harus membayar denda sebesar US$16.

Kasus Park mulai mencuat ke permukaan setelah dirinya diduga berkolusi dengan rekannya, Choi Soon-sil, dengan menekan perusahaan besar untuk membiaya dua lembaga yang mendukung kebijakannya. 

Sedikitnya Park mendapat dua dakwaan, yakni penyalahgunaan kekuasaan, yakni dengan memaksa perusahaan Hyundai untuk menampilkan iklan dari perusahaan yang dimiliki rekannya Choi.

Kantor berita Korsel Yonhap melaporkan, Park tidak menghadiri persidangan tersebut.

Dia telah berada dalam penjara selama lebih dari satu tahun. Namun, setiap dipanggil untuk agenda mendengar dakwaan, Park hampir tak pernah hadir.

Park Merupakan Presiden Korsel ketiga yang menghadapi persidangan karena kasus korupsi.

Melansir dari Al Jazeera, pada Desember 2016, legislatif mendesak dilakukannya voting untuk memakzulkan Park. Namun Park menolak untuk mundur dan menepis tuduhan yang diarahkan kepadanya.

Tiga bulan kemudian, delapan anggota Pengadilan Konsitusi memvoting secara bulat untuk menurunkan Park  dari  jabatannya.

Dia kemudian ditahan setelah resmi meninggalkan kantor kepresidenan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)