logo rilis
Tomohon Akan Gelar Festival Bunga Internasional Bulan Depan
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
10 Juli 2018, 22:26 WIB
Tomohon Akan Gelar Festival Bunga Internasional Bulan Depan
Tomohon International Flower Festival (TIFF) pada 7-12 Agustus 2018. FOTO: Kemenpar

RILIS.ID, Jakarta— Kota Tomohon, Sulawesi Utara, akan menggelar festival bunga atau Tomohon International Flower Festival (TIFF) pada 7-12 Agustus 2018. Festival internasional yang memasuki tahun ke-8 itu diyakini akan berhasil mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke kota tersebut. 

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, penyelenggaraan event TIFF selain menjadi ajang promosi pariwisata yang efektif juga mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Tomohon. 

Terbukti, lanjutnya, pada 2016 yang sekira 26.441 wisatawan mancanegara bisa meningkat menjadi 89.736 pada 2017. Sementara kunjungan wisatawan Nusantara (wisnus) meningkat hingga 455.679 di 2017.

“Untuk seukuran Kota Tomohon dengan perolehan 90 ribu wisman sangat bagus bila dibandingkan tingkat provinsi di Sumatera yang hanya sekitar 100 ribu. Juga kunjungan wisnus ke Tomohon sebanyak 500 ribu sangat bagus, dibandingkan destinasi Lombok yang sudah terkenal, misalnya, hanya meraih 1 juta wisnus,” kata Menpar Arief saat jumpa pers Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 di kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin (9/7/2018) malam. 

Menpar Arief Yahya menjelaskan, unsur atraksi, amenitas, dan aksesibilitas (3A) Tomohon tidak ada masalah lantaran akses mudah ditempuh melalui jalan darat berjarak sekitar 25 kilometer atau sekitar 30 menit dari Kota Manado. Sedangkan untuk amenitas, Tomohon yang segera memiliki hotel bintang lima diharapkan banyak membangun homestay.

"Homestay sangat cocok untuk mendukung pariwisata Tomohon,” ujarnya. 

Sementara, Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, mengungkapkan, penyelenggaraan TIFF 2018 menjadi sarana promosi serta meningkatkan ekonomi masyarakat petani dan perajin bunga dalam kegiatan kepariwisataan ecotourism maupun agrotourism. 

"Bunga dan tananam hias merupakan bagian dari budaya masyarakat Tomohon dan menjadi daya tarik pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Jimmy. 

Festival tahunan TIFF 2018  diikuti sejumlah negara antara lain Republik Ceko, Jepang, dan  Georgia.  Festival itu akan dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan di antaranya Tournament of Flowers dan Flower Fashion Carnival yang berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon  pada 8  Agustus  2018.

Selain itu, juga ada pameran tourism,  trade, investment and Floriculture Expo dan pagelaran seni dan budaya Nusantara yang berlangsung pada 7-12 Agustus 2018 di kota tersebut. 

Editor: Yayat R Cipasang


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)