logo rilis

Tolak Gugatan Eks HTI, Wiranto Apresiasi Lembaga Hukum
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
08 Mei 2018, 21:00 WIB
Tolak Gugatan Eks HTI, Wiranto Apresiasi Lembaga Hukum
FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, mengapresiasi lembaga hukum di Indonesia yang telah menolak gugatan eks Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) terkait status badan hukumnya yang dicabut oleh Kementerian Hukum dan HAM. 

Dia juga mengapresiasi Majelis Hakim PTUN yang membenarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas).

"Banyak yang tidak menyadari bahwa yang digugat adalah sesuatu yang menentukan keberhasilan penjagaan keutuhan, eksistensi negara, dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia dalam bingkai NKRI, berdasarkan Pancasila," kata Wiranto yang dibacakan Deputi 3 Kemenkopolhukam, Jhoni Ginting, sela diskusi di kawasan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Bila gugatan itu diterima, imbuh Wiranto, pihaknya tak lagi mengetahui apa instrumen yang bisa digunakan dan dalam menjaga keutuhan negeri. Bisa jadi, ujarnya, akan banyak bermunculan ormas-ormas yang nantinya akan berseberangan dengan nilai-nilai Pancasila.

"Yang pasti akan banyak lagi bermunculan ormas-ormas yang nyata-nyata tidak setuju dengan nasionalisme, demokrasi, Pancasila dan NKRI," ujarnya. 

Wiranto menambahkan, ormas-ormas yang menolak Pancasila itu nantinya bisa jadi mendapat ruang gerak dalam perjuangannya guna mewujudkan impian mereka. Akibatnya, ormas-ormas itu akan membuat bangsa Indonesia menjadi terpecah. 

"Indonesia akan luluh lantak karena membiarkan munculnya persemaian bibit-bibit perpecahan dalam kehidupan bangsanya," paparnya.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)