logo rilis
Tokoh Adat Minta Cagub dan Cawagub Jaga Persatuan Warga Lampung
Kontributor
Sukma Alam
11 Januari 2018, 18:07 WIB
Tokoh Adat Minta Cagub dan Cawagub Jaga Persatuan Warga Lampung
Saibatin Pniakan Dalom Bliau Pangeran Edward Syah Pernong, Lampung Barat. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Bandar Lampung— Raja Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Yang Dipertuan XXIII, Lampung Barat, Saibatin Pniakan Dalom Bliau (SPDB), Pangeran Edward Syah Pernong meminta, empat pasangan Cagub dan Cawagub Lampung untuk menjaga sportivitas dalam kontestasi Pilkada 2018.

Dia berharap siapa yang terpilih menjadi gubernur di kota Gajah itu dapat menjaga persatuan antar masyarakat Lampung. 

"Kontestasi bagian dari proses demokrasi yang jalan. Masyarakat Lampung menjunjung tinggi rasa persaudraan. Kita harapkan perbedaan pilihan boleh saja tapi konteks koridornya dalam persatuan dan kemaslahatan dan betul berkarakter dan amanah. Tentunya kata dan perbuatan yang benar untuk memikirkan orang Lampung," ujar Edward kepada rilis.id, Kamis (11/1/2018).
 
Mantan Kapolda Lampung ini menambahkan, Pilgub Lampung harus dijadikan kebanggan semua pihak. 

"Selama pesta demokrasi mudah-mudahan Pilgub Lampung berjalan dengan baik untuk kebanggan semua dan bangga semuanya dan bangga pemimpin bagi semua," tuturnya.

Sebagai tokoh adat Lampung, dia mengaku ikut membantu aparat kepolisian dan Bawaslu terkait pesta demokrasi. Menurutnya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah kecurangan di Pilkada, yakni many politic, anarkis massa dan kampanye hitam.

"Bagaimana minimalisir itu? Tentu ini diramu oleh para pihak-pihak tentu implmentasi beragam masyarakat. Menghadapi dinamika itu kewenangan penegak hukum. Kalau ada pelanggar tentu tanggung jawab Bawaslu dan Bawasda, penegakan law enforcement selalu hasil ada ramuan. Ada sistem itu berjalan, sehingga kerawanan muncul, proses pilkada bisa diredamkan dan kompromi," tuturnya.

Sebelumnya, Pilgub Lampung diikuti empat pasangan di antaranya, Ridho-Bachtiar diusung Partai Demokrat, Gerindra, dan PPP, Herman HN-Sutoyo diusung PDIP, Arinal-Nunik diusung Golkar, PKB, dan PAN, dan Mustafa-Jajuli diusung Partai Nasdem, PKS, dan Hanura.


#Tokoh Adat Lampung
#Pilgub Lampung
komentar (0)