logo rilis

TNI Diusulkan Terlibat dalam Menindak Terorisme
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
29 Maret 2018, 19:46 WIB
TNI Diusulkan Terlibat dalam Menindak Terorisme
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto bersama prajurit TNI. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani menilai, perlunya membuat skala ancaman tindakan terorisme untuk memperjelas Rancangan Undang-Undang (RUU) Terorisme, yang kini masih dalam pembahasan.

"Skala ancaman bisa tercantum pada Peraturan Presiden (Perpres). Nantinya melibatlan TNI dalam menindak aksi terorisme," kata Arsul di Kantor Imparsial Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Hal itu terpikirkan setelah tim dari Panitia Kerja (Panja) RUU Terorisme melakukan uji banding ke Inggris dan Amerika. Misalnya di Inggris, ada lima skala mulai dari rendah hingga tinggi. Di mana militer terjun pada skala kritis.

Menurut dia, Panja RUU Terorisme sepakat perlunya peran TNI dalam menindak aksi terorisme. Namun, hal tersebut, tentu akan dibahas lagi bersama Pansus dan Paripurna DPR RI nantinya.

Pelibatan TNI dalam memberantas terorisme tertulis dalam Pasal 43 huruf H RUU. Beleid itu menyatakan keterlibatan tentara harus diatur lebih lanjut melalui Peraturan Presiden (Perpres).

"Keputusan politik Presiden itu nanti akan dinormakan dalam bentuk peraturan presiden. Jadi praktis urusan peran TNI selesai," katanya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)