logo rilis
Titik Awal Tragedi Titanic Dimulai Hari Ini
Kontributor
Ning Triasih
10 April 2018, 17:55 WIB
Titik Awal Tragedi Titanic Dimulai Hari Ini
Kapal Titanic. FOTO: Instagram/@theshipyardblog

RILIS.ID, Jakarta— Ingatkah Anda pada tragedi kapal Titanic? Rupanya, 10 April menjadi titik awal sebelum kapal raksasa itu tenggelam akibat menabrak gunung es di pelayaran perdananya.

Ya, pada 10 April 1912, RMS Titanic yang mampu mengangkut 2.224 penumpang itu berangkat dari pelabuhan di Southampton, Inggris menuju New York. Titanic kemudian berhenti sejenak di Cherbourg, Perancis dan Queenstown (sekarang Cobh), Irlandia.

Baca Juga

Perjalanan pun berjanjut. Namun, belum juga sampai tujuan, setelah lima hari berlayar, kapal itu justru tenggelam di Samudra Atlantik Utara setelah menabrak gunung es pukul 23.40 waktu kapal.. 

Tabrakan yang tepatnya 375 mil di selatan Newfoundland itu agak menggesek, mengakibatkan pelat lambung Titanic melengkung ke dalam di sejumlah tempat sisi kanan kapal, serta mengoyak lima dari enam belas kompartemen kedap airnya. Dua setengah jam selanjutnya, kapal perlahan terisi air dan tenggelam.

Kala itu, setidaknya sebanyak 1.514 penumpang meninggal. Suhu lautan yang begitu dingin membuat penumpang yang sebenarnya bisa selamat tewas dalam waktu dua menit. Sementara, mereka yang mampu bertahan hingga 15 menit akhirnya tenggelam. Tragedi itu sontak menjadi salah satu insiden paling mematikan sepanjang sejarah.

 

Titanic adalah kapal terbesar di dunia kala itu, dibangun pada 1909-1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Kapal ini terbilang kelas atas, di mana penumpangnya berasal dari sejumlah orang terkaya di dunia dan emigran Britania Raya, Irlandia, Skandinavia, serta negara-negara lain yang mencari kehidupan baru di Amerika Utara.

Titanic juga tergolong kapal mewah karena dirancang senyaman mungkin, dilengkapi magnesium, kolam renang, perpustakaan restoran bintang lima, hingga kabin yang megah.

Titanic, kini tinggal kenangan. Namun, kisahnya masih fenomenal setelah tragedi tenggelamnya Titanic diangkat ke layar lebar pada 1997 dengan judul "Titanic". Film yang mengisahkan antara Jack Dawson (Leonardo Di Caprio) dan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) itu laris manis di pasaran dan melegenda hingga sekarang.

 


500
komentar (0)