logo rilis
Titiek Soeharto Pindah, Golkar Siap Tampung Kader Parpol Lain
Kontributor
Nailin In Saroh
12 Juni 2018, 16:15 WIB
Titiek Soeharto Pindah, Golkar Siap Tampung Kader Parpol Lain
Momen Pembukaan Rakernas Golkar 2018. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Wasekjen Partai Golkar, Sarmuji meyakini mundurnya Siti Hediyati Hariyadi alias Titiek Soeharto tidak akan memicu kader beringin lainnya untuk pindah partai. 

"Enggak akan ada bedol desa dari Golkar. Kalaupun ada yang pindah lagi, mereka adalah orang-orang yang kalah bersaing dengan kader utama di Golkar," ujar Sarmuji di Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Ia juga menegaskan, hengkangnya putri presiden orde baru itu tidak akan berpengaruh besar bagi Golkar. "Golkar tidak pernah lagi menjual masa lalu, tetapi menawarkan masa depan," tegasnya.

Senada dengan Sarmuji, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, partainya masih memiliki kader kompeten yang loyal. Sehingga, mundurnya Titiek tidak akan memberi pengaruh signifikan. 

Partai Golkar, kata dia, juga banyak menerima kader-kader partai lain dan tokoh-tokoh yang mau bergabung dengan partai tertua ini. 

"Partai Golkar masih banyak memiliki kader yang militan, loyal dan mengakar yang tidak hanya mengejar jabatan sehingga mudah pindah partai," terangnya.

Meski tidak bisa menutupi kemungkinan pengaruh elektabilitas Partai Golkar akibat berpindahnya Titiek, namun Ace menilai kepindahan putri cendana itu bagian dari dinamika politik yang kerapkali terjadi terhadap Partai Golkar pasca-reformasi. 

"Kami tak perlu meratapi kepindahannya. Kami harus sikapi dengan terus konsisten dengan program konsolidasi partai dan menjaga soliditas. Dengan cara itu kami akan menutupi kekurangan akibat peristiwa keluarnya Ibu Titiek dari Partai Golkar," jelas Ace.

Soal bagaimana berpengaruh Titiek terhadap elektabilitas Partai Golkar, Ace hanya mengatakan lihat nanti di Pilpres 2019. Namun pihaknya yakin Partai Golkar merupakan Partai terbuka dan mandiri. 

"Jadi tidak tergantung pada seseorang atau keluarga tertentu. Kader partai Golkar bisa keluar dan kami akan tetap menumbuhkan kader-kader lain yang siap menggantikan Ibu Titiek," tandasnya.
 

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


500
komentar (0)