logo rilis
Tips Sambut Ramadan 2018: Rutin Baca Qur'an, Kurangi Nonton TV
Kontributor
Ibrahim
15 Mei 2018, 18:33 WIB
Tips Sambut Ramadan 2018: Rutin Baca Qur'an, Kurangi Nonton TV

RILIS.ID, — Bulan suci Ramadan 2018 tinggal menghitung hari. Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan awal Ramadan pada 17 Mei 2018. Pemerintah melalui Kementerian Agama akan melakukan sidang isbat hari ini, 15 Mei 2018 untuk menetapkan 1 Ramadan 439 Hijriah.

Kaum Muslimin seluruh dunia tentu merindukan kedatangan bulan suci Ramadan. Para kaum muslimin telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut "tamu" agung ini.

Suatu kerinduan yang cukup beralasan karena Ramadan hanya datang sekali dalam setahun. Banyak yang sangat merindukannya. Sedemikian mulianya bulan ini, hingga Rasulullah dan para sahabatnya mempersiapkan kedatangan bulan Ramadan jauh-jauh hari sebelumnya.

Bagaimana Rasulullah dan para sahabatnya menyambut bulan Ramadan? Dalam buku Indahnya Ramadan di Rumah Kita, karya Dr Akram Ridha, disebutkan beberapa tips menyambut Ramadhan.

Dijelaskan bahwa masa penyambutan bulan Ramadan setidaknya berlangsung selama bulan Sya’ban hingga Ramadan tiba.

Ada dua bentuk persiapan yang mesti dilakukan kaum Muslimin, yaitu persiapan mental dan persiapan amal. Persiapan mental, yaitu dengan mengingat-ingat keutamaan Ramadan dan berdoa.

Adapun persiapan amal adalah dengan banyak berpuasa dan banyak membaca Alquran. Agar mental kita lebih siap dalam memasuki bulan Ramadan, maka cara terbaik adalah dengan mengingat-ingat keutamaan Ramadan.

Berikut ini 9 tips menyambut Ramadan, seperti dikutip dari Tuneeca:

1. Belilah apa yang dibutuhkan sebelum Ramadan tiba, sehingga Anda dan keluarga bisa fokus menjalankan ibadah puasa.

2. Jika Anda memiliki kebiasaan tidur yang buruk, cobalah perbaiki sebelum Ramadan, agar Anda terbiasa untuk bangun sahur.

3. Puasa sunah Sya’ban akan membantu anda untuk membiasakan diri berpuasa di bulan Ramadan.

4. Kurangi menonoton TV, persiapkan semangat keluarga untuk bulan Ramadan. Mulailah dengan membacakan buku-buku Cerita Islam.

5. Atur koleksi CD untuk memudahkan memilih dan memainkan nasyid bagus, bernyanyi bersama-sama atau membaca Alquran.

6. Rencanakan sedetil mungkin kegiatan Anda, membagi waktu antara keluarga dan ibadah wajib.

7. Persiapkan makanan sebelum Ramadan, seperti menyiapkan sayuran dan memasukkannya di freezer. Jika anda merendam kurma dengan susu atau air untuk iftar, lakukan itu sebelum Ramadhan.

8. Jika Anda berencana untuk mengundang tamu untuk berbuka, waktu terbaik untuk melakukannya adalah selama periode bulanan Anda (menstruasi). Hal ini memiliki beberapa keuntungan: Anda akan dapat mencicipi makanan yang akan dilayani. Anda tidak akan terlibat dalam beberapa tindakan ibadah sehingga Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk memasak.

9. Mempersiapkan anak-anak Anda sebelum Ramadan bahwa mereka harus membantu Anda lebih dalam pekerjaan rumah tangga dan dalam mempersiapkan berbuka.


500
komentar (0)