logo rilis

Tips Jitu Jauhi Stres, Buat Hidup Lebih Happy
Kontributor
Ning Triasih
20 Maret 2018, 21:22 WIB
Tips Jitu Jauhi Stres, Buat Hidup Lebih Happy
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Tak ada satu orang pun yang menginginkan stres. Sebisa mungkin, masalah mental ini pasti dijauhi.

Masalahnya, stres bisa datang kapan saja. Hal ini tentu tak hanya menghambat produktivitas di tempat kerja, tetapi juga mempengaruhi kualitas ruang pribadi. Bahkan parahnya, stres juga bisa merambat ke tingkat depresi.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara menjauhkan diri dari stres. Seperti dilansir dari The Times of India, berikut tips ampuh jauhkan diri dari stres.

1. Berjalan santai

Jalan tenang dan santai dapat memberi keajaiban bagi tubuh dan pikiran Anda. Agar lebih manjur, berjalanlah di tempat-tempat terbuka dan hijau, seperti taman. Lakukan minimal 10 menit. Ini akan membuat tubuh dan pikiran Anda lebih harmonis.

2. Dengarkan musik

Musik adalah salah satu cara menenangkan pikiran dan berguna dalam mengurangi stres.

3. Latihan pernapasan

Faktanya, napas berperan penting dalam kesehatan tubuh. Jadi jangan heran jika latihan pernapasan bisa membuat Anda lebih tenang dan santai.

4. Manjakan diri dengan yang manis-manis

Manjakan diri Anda dengan sesuatu yang manis, seperti permen, coklat atau minuman ringan. Ini akan menenangkan indra Anda yang menghasilkan sekresi hormon stres. Tapi ingat, jangan terlalu banyak!

5. Tidur siang

Penelitian menunjukkan, tidur siang dapat membuat diri Anda lebih waspada, mengurangi stres dan meningkatkan fungsi kognitif. 

6. Mengunyah permen karet

Permen karet tak hanya menyegarkan mulut. Menurut penelitian, mengunyah permen karet mengurangi stres dan kecemasan karena mengurangi kadar kortisol.

7. Menulis

Menulis punya efek meditasi pada pikiran. Ketika Anda menumpahkan pikiran Anda melalui tulisan di selembar kertas, Anda dapat merenungkannya dan introspeksi.

8. Mengkhayal

Mengkhayal atau membayangkan hal-hal yang tenang, indah dan menyenangkan dapat membantu Anda mengurangi stres.

9. Secangkir teh hitam

Sebuah studi menunjukkan, minum teh hitam dapat menurunkan tingkat stres dan mendorong relaksasi.

10. Peluk dan cium orang yang dicintai

Kontak kulit ke kulit seperti berciuman, berpegangan tangan dan berpelukan, dapat melepaskan zat kimia yang bertanggung jawab menurunkan tingkat stres dan mengurangi tekanan darah pada orang dewasa.

11. Tertawalah

Lakukan apa pun yang bisa membuat Anda tertawa terbahak-bahak, menonton video lucu atau film komedi misalnya. Tawa meningkatkan asupan oksigen, menstimulasi jantung, paru-paru dan otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan otak.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)