logo rilis
Tips Diet Efektif untuk Wanita Usia 30-an
Kontributor
Ning Triasih
09 Maret 2018, 19:05 WIB
Tips Diet Efektif untuk Wanita Usia 30-an
ILUSTRASI: Esssat Health

RILIS.ID, Jakarta— Ketika wanita berusia 30-an, terjadi penurunan metabolisme. Karenanya, mereka dianjurkan merawat tubuh secara ekstra, terlebih jika dalam proses menurunkan berat badan alias diet.

Masalahnya, tak mudah menemukan cara efektif untuk berdiet. Tak sedikit dari mereka akhirnya gagal.

Tenang, ini bukan berarti wanita usia 30-an tak boleh berdiet. Penurunan berat badan akan berhasil asalkan dilakukan dengan tepat dan benar sesuai kebutuhan tubuh.

Berikut beberapa tips penurunan berat badan yang efektif untuk wanita berusia 30-an dikutip dari The Times of India:

Diet kaya protein

Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh menurun. Untuk mengisi bahan bakar tubuh, dibutuhkan makanan bergizi dan sehat. Karenanya, mulailah dengan diet kaya protein supaya tetap energik dan aktif sepanjang hari.

Setop pemanis buatan

Jangan pernah berpikir pemanis buatan itu sehat. Sebaliknya, ini hanya akan meningkatkan hasrat gula Anda. Untuk itu, alih-alih mengandalkan pemanis buatan, coba ganti dengan madu.

Belajar mengelola stres

Stres sebenarnya dapat menghambat gaya hidup sehat Anda, yang akhirnya membuat Anda gemuk. Jika Anda stres, cara terbaik mengatasinya adalah dengan bermeditasi atau aktivitas yang menenangkan diri, bukan makan.

Olahraga di bawah bimbingan

Meski Anda teratur berolahraga, seiring bertambahnya usia, aktivitas ini perlu pengawasan ahli. Pasalnya, pelatih tidak hanya akan membantu menurunkan berat badan, tapi sekaligus membimbing Anda latihan yang tepat dan bermanfaat untuk kebugaran jangka panjang.

Makanlah dengan benar

Anda harus tahu apa yang tepat untuk tubuh Anda, terlebih jika berencana menurunkan berat badan. Makanlah dengan benar dan hindari konsumsi lemak berlebih. Pasalnya, minyak adalah sampah berbahaya bagi kesehatan Anda.

Hindari diet 'iseng-iseng'

Sama berbahayanya dengan makan tidak sehat, diet tak konsisten alias 'iseng-iseng' hanya akan membingungkan metabolisme tubuh Anda. Akibatnya justru membuat proses penurunan berat badan semakin berat.

Terus bangkitkan motivasi

Anda mungkin mengalami penurunan motivasi yang mungkin berdampak pada rencana penurunan berat badan Anda. Jika Anda membutuhkan motivasi, carilah dukungan dari teman dan keluarga. Dapatkan dukungan yang tepat yang juga bisa membantu Anda mengatasi masalah makan emosional.

Aturan lima jam makan

Ikuti peraturan 5 jam. Dalam aturan ini, Anda tak boleh lima jam setelah bangun tidur tanpa makan. Kelaparan tak akan membantu proses diet Anda. Sehat adalah kuncinya.

Tidur nyenyak setiap hari

Terlepas dari setiap aktivitas apa pun, tidur nyenyak sangatlah diperlukan. Ini tak hanya baik untuk tubuh, tapi juga pikiran. Karenanya, pastikan Anda tidur nyenyak setiap hari.


500
komentar (0)