logo rilis
Tips Aman Mudik dengan Sepeda Motor
Kontributor
Ning Triasih
12 Juni 2018, 14:13 WIB
Tips Aman Mudik dengan Sepeda Motor
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Sulis Wanto

RILIS.ID, Jakarta— Musim mudilk lebaran 2018 telah tiba. Bisa selamat dan lancar sampai tujuan tentu menjadi harapan setiap pemudik. Karena itu, dibutuhkan persiapan matang dan kesigapan ekstra.

Khususnya untuk para pemudik dengan kendaraan roda dua, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar perjalanan aman dan lancar. Berikut beberapa tipsnya:

1. Kondisi Prima

Sebelum mudik, hal utama yang mesti diperhatikan adalah kondisi kesehatan Anda. Pastikan Anda dalam kondisi prima untuk berkendara. Menjelang keberangkatan mudik, jangan bergadang, sehingga Anda tak ngantuk di jalan. Jika Anda merasa capek dalam perjalanan, istirahatlah sejenak sampai kondisi Anda kembali memungkinkan. Sambangi pos-pos kesehatan yang tersedia untuk mengecek kondisi kesehatan Anda.

2. Cek Motor

Selain kesehatan diri, kondisi motor juga perlu diperhatikan. Patikan juga motor Anda benar-benar dalam kondisi baik untuk dibawa perjalanan jauh. Cek semua komponen, mulai dari mesin, ban, rem, kaca spion dan lain sebagainya.

3. Bawa Surat-surat Kelengkapan Kendaraan

Jika tak mau ditilang polisi, bawalah surat-surat kelengkapan sepeda motor Anda, seperti SIM dan STNK.

4. Gunakan Helm SNI

Helm adalah pelindung Anda ketika berkendara. Gunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI). Pakailah dengan baik dan benar. Selain helm, kenakan juga kelengkapan lainnya, mulai dari sarung tangan, jaket dan sepatu. Jangan lupa juga gunakan masker. 

5.Bawa Barang Secukupnya

Ingat, Anda hanya akan pulang kampung, bukan pindahan. Jadi, bawalah barang secukupnya dan seperlunya saja. Jika Anda memiliki banyak bawaan yang dianggap penting, Anda bisa mengirimnya lewat jasa pengiriman beberapa hari sebelum Anda melakukan perjalanan mudik.

6. Baca Doa

Terakhir, jangan lupa baca doa agar diberi kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan, serta aman sampai tujuan.

Selamat mudik...


500
komentar (0)