logo rilis

Tips agar Menyusui Lancar, Puasa Tetap Jalan
Kontributor
Ning Triasih
21 Mei 2018, 16:41 WIB
Tips agar Menyusui Lancar, Puasa Tetap Jalan
ILUSTRASI: BabyCentre

RILIS.ID, Jakarta— Berpuasa sambil menyusui tentu bukanlah perkara mudah. Di satu sisi, para ibu ingin fokus menjalankan ibadah, tapi di sisi lain mereka tak ingin hak anak menyusu Air Susu Ibu (ASI) terganggu.

Untuk memutuskan akan berpuasa atau tidak saat menyusui, Anda harus lebih dulu mengukur diri dan jangan memaksakan jika merasa tidak kuat. Tapi tenang, puasa sambil menyusui bisa berjalan lancar kok, asalkan dilakukan dengan baik dan benar.

Berikut beberapa tips agar lancar berpuasa dan menyusui dihimpun dari berbagai sumber:

Makan Tiga Kali Sehari

Kebanyakan orang, mereka hanya makan dua kali sehari saat bulan puasa. Tapi, untuk ibu menyusui, usahakan makan tiga kali sehari, yakni saat sahur, berbuka dan setelah salat tarawih.

Perhatikan Asupan Makanan

Selain harus makan tiga kali sehari, apa yang masuk ke dalam perut juga harus diperhatikan. Konsumsilah makanan dengan pedoman gizi seimbang.

Jaga Cairan Tubuh

Saat puasa, tubuh harus tetap terhidrasi agar menyusui lancar. Karenanya, Anda harus memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Minumlah minimal dua liter per hari.

Istirahat Cukup

Perbanyak istirahat saat berpuasa. Sebisa mungkin jangan lakukan pekerjaan yang berat-berat dulu karena ini akan mengganggu kelancaran puasa dan menyusui Anda.

Jaga Mood

Berpuasa sambil menyusui itu bukan perkara mudah. Karena itu, suasana hati bisa saja naik-turun. Untuk itu, jaga mood Anda agar selalu happy, bisa dengan bermain bersama si kecil atau melakukan hal-hal menyenangkan yang bisa membuat Anda ceria.

Manajeman Laktasi

Saat puasa, tetap rutin menyusui dan memerah ASI. Lakukan ini secara konsisten.

Disamping itu, kelancaran puasa dan menyusui bisa terwujud asalkan dilengkapi dengan niat, percaya diri dan rutin periksa kesehatan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)