logo rilis

Tingkatkan Kapasitas PBT Bawang Putih, Kementan Gelar Bimtek
Kontributor

09 Mei 2018, 16:53 WIB
Tingkatkan Kapasitas PBT Bawang Putih, Kementan Gelar Bimtek
Peserta Bimtek Pengawas Benih Tanaman (PBT) melakukan kunjungan lapangan di salah satu lokasi penanaman bawang putih di Solo, Jawa Tengah. FOTO: Ditjen Hortikultura Kementan

RILIS.ID, Jakarta— Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar bimbingan teknis (bimtek) di Solo, Jawa Tengah, 7-10 Mei 2018. Kegiatan bertujuan meningkatkan kapasitas Pengawas Benih Tanaman (PBT) di bidang perbenihan hortikultura, khususnya bawang putih.

Direktur Perbenihan Ditjen Hortikultura, Sukarman, menerangkan, bimtek mengikutsertakan PBT di 31 provinsi dalam rangka mendukung swasembada bawang putih. Materi yang diberikan, baik dalam teori maupun praktik membedakan varietas bawang putih di lapangan di gudang.

"Pembekalan berasal dari narasumber yang kompeten di bidangnya, seperti Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT), Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Jateng, dan penangkar bawang putih," ujarnya di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Dengan pembekalan ini, kata Karman, nama sapanya, diharapkan PBT percaya diri dalam melaksanakan sertifikasi, pemurnian varietas, hingga pengecekan mutu (relabeling) pemasukan benih varietas GBL/Sangga Sembalun eks Taiwan.

Dia menambahkan, Direktorat Perbenihan Ditjen Hortikultura bersama PKHT dan beberapa PBT sentra bawang putih di Jateng dan Jawa Timur akan membuat buku saku dalam waktu dekat. Itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari bimtek tersebut.

"Buku saku PBT berisi pembeda varietas bawang putih terdaftar, dilengkapi gambar penciri utama. Hal ini akan sangat membantu PBT dalam melaksanakan pemeriksaan kebenaran varietas secara cepat dengan cara visual," pungkas Karman.

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)