Home » Elektoral

Tinggalkan Gerindra dan PAN, Ini Pilihan PKS pada Pilgub Jatim

print this page Kamis, 7/12/2017 | 20:01

ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Surabaya— Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meninggalkan dengan Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN), rekan koalisi Poros Tengah pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Sebab, memilih mendukung pasangan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Kita sudah mendukung Gus Ipul, karena PKS itu sebelum PDIP dan PKB memberikan rekom, PKS sudah komunikasi," kata Ketua Bidang Wilayah Dakwah Jatijaya DPP PKS, Sigit Sosiantomo, usai sidak persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jatim, Kamis (7/12/2017).

Salah satu pertimbangan PKS mendukung Gus Ipul, sapaan Saifullah, lantaran mengusungnya pada dua "pesta demokrasi" sebelumnya. Gus Ipul menjabat Wakil Gubernur sejak 2008 dan berpasangan dengan politisi Demokrat Soekarwo. Akronimnya, Karsa.

Karenanya, PKS beranggapan majunya Gus Ipul tak berbeda dengan Karsa. "Kami berkomitmen mendukung Gus Ipul itu, sudah tidak ada perubahan, sudah oke, sudah resmi itu," tegas Sigit.

Meski demikian, PKS belum mengeluarkan surat rekomendasi. Kendati begitu, dia menegaskan, hal tersebut bukan perkara sulit, lantaran seluruh pengurus sudah mantap mendukung Gus Ipul.

"Kalau PKS sih, yang penting orangnya setuju semua. Surat gampang, kan? Enggak repot-repot di PKS," dalihnya. Keputusan tersebut juga menegaskan posisi partai dakwah dalam Pilgub Jatim.

Penulis Budi Prasetiyo
Editor Fatah Sidik

Tags:

Pilgub JatimPKSPoros TengahGerindraPANGus IpulSigit Sosiantomo