logo rilis
Timbulkan Tragedi Kemanusiaan, DPR Segera Revisi UU Pemilu
Kontributor
Nailin In Saroh
20 Mei 2019, 19:01 WIB
Timbulkan Tragedi Kemanusiaan, DPR Segera Revisi UU Pemilu
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi II DPR RI Azikin Solthan menyatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan segera merevisi Undang-Undang (UU) nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Pasalnya, penerapan UU tersebut menimbulkan tragedi kemanusiaan karena lebih dari 500 petugas KPPS meninggal dunia.

Dengan revisi UU Pemilu, menurut Azikin, dipastikan tidak akan ada lagi korban jiwa dari penyelenggaraan pemilu kedepan. 

"Agar lima tahun ke depan kondisi-kondisi yang memilukan tidak terjadi lagi," tegas Azikin di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Selain itu, politisi Partai Gerindra ini juga khawatir pemilu memakan lebih banyak korban.  Sebab, banyak indikasi petugas KPPS meninggal dunia akibat kelelahan, penyakit jantung dan tingkat stres yang meningkat.

"Bahkan ada satu orang yang mencoba melakukan upaya membunuh diri sendiri," tukasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum ( KPU) juga bakal melakukan evaluasi pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. Evaluasi ini penting untuk menemukan format pemilu yang paling ideal pada pemilu selanjutnya.

"Kami menunggu hasil evaluasi, hasil evaluasi akan kami kaji bersama. Tentu saja bersama DPR, bersama pemerintah dan dengan teman-teman masyarakat sipil. Sebetulnya bagaimana sih format pemilu yang paling ideal buat kita," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

Editor: Sukma Alam




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID