logo rilis

Tiga Surga Tersembunyi di Mataram
Kontributor
Ning Triasih
16 Juli 2018, 13:01 WIB
Tiga Surga Tersembunyi di Mataram
Air Terjun Mangku Sakti Mataram, Lombok. FOTO: Jalanwisata

RILIS.ID, Jakarta— Siapa yang bisa menyangkal keindahan alam Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sama seperti Pulau Dewata, Bali, kawasan ini memiliki kekayaan alam nan cantik dan tak ada habisnya untuk dieksplorasi.

Tidak heran jika setiap tahun, kawasan NTB terutama Pulau Lombok dan Kota Mataram selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Nah, jika liburan nanti Anda tertarik untuk menjelajahi alam Mataram yang rupawan, jangan lupa untuk mengunjungi tiga  surga tersembunyi yang tidak banyak diketahui orang. Berikut ulasan tentang tempat wisata Mataram Lombok tersembunyi yang tidak boleh dilewatkan.

1. Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek

Untuk sampai di kawasan wisata Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek, pengunjung harus menempuh perjalanan selama dua jam dari pusat Kota Mataram. Meskipun cukup melelahkan, tetapi sepanjang jalan Anda bisa meinikmati panorama alam yang mengagumkan. 

Dari pintu masuk utama di Desa Sajang, pengunjung masih harus berjalan kaki sejauh empat kilometer melewati tanah terjal dan licin. Begitu sampai di lokasi, rasa lelah setelah trekking akan terbayar dengan keindahan dua air terjun tersebut. Air terjun pertama yang akan kita lihat adalah Mangku Kodek dengan ciri khas air berning berwarna toska. Sedangkan tidak jauh dari Mangku Kodek terdapat Mangku Sakti yang airnya tidak kalah bening dan segar.

Serunya, pengunjung bebas berenang di sini. Untuk menikmati suasana liburan dengan berendam di kolam alami yang menenangkan, Anda bisa berenang di Mangku Kodek. Karena biasanya air terjun tersebut lebih sepi daripada Mangku Sakti.

2. Air Terjun Tibu Ijo

Terletak di tengah kebun Aren Desa Kekait, Tibu Ijo menawarkan wisata seru menikmati pemandangan air terjun dengan kolam berwarna biru toska yang eksotis. Jika tidak melihat pepohonan di sekitarnya, pasti kita akan merasa sedang berada di pinggir pantai berkarang.

Kolam yang kedalamannya konon melebihi lautan ini menyimpan berjuta keindahan untuk dieksploras. Bagi yang tidak mahir berenang, sangat tidak disarankan untuk berenang di kolam Tibu Ijo. Karena menurut penduduk setempat, kolam air terjun Tibu Ijo tidak berdasar.

Untuk mencapai tempat ini, pengunjung hanya perlu berkendara selama 20 menit dari Kota Mataram. Selain air terjun dan kolam tanpa dasar, pengunjung juga bisa menikmati perbukitan hijau yang mengelilingi kawasan air terjun.

3. Pantai Telawas

Daya tarik Pantai Telawas terletak pada bebatuan besar yang selalu tergerus ombak sehingga menghasilkan ukiran alam cantik. Bentang alam berupa bebatuan ini akan mengingatkan kita pada Planet Krypton yang merupakan kampung halaman Superman, tidak heran jika Telawas juga dikenal sebagai Pantai Superman. 

Saat air sedang surut, pengunjung bisa melihat bebatuan yang bisa dilompati untuk mencapai pulau kecil di kawasan pantai. Selain bebatuan, Anda bisa menikmati air biru toska yang menakjubkan dan berendam di salah satu laguna alami yang mengagumkan.

Meskipun tempat ini cukup jauh dari Mataram, tetapi pemandangannya yang mengagumkan akan membuat kita betah berlama-lama di sini.Jadi, sudah siap menjelajahi surga tersembunyi Mataram? Jika berlibur ke sana, tentu kita perlu mencari penginapan yang tepat. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mencari sekaligus memesan hotel murah di Mataram melalui aplikasi Airy Rooms. Kenapa Airy?

Airy Rooms merupakan jaringan hotel terbesar dengan jumlah properti terbanyak di Indonesia. Kerennya, setiap hotel Airy dilengkapi dengan 7 fasilitas andalan seperti: TV, AC, shower air hangat, tempat tidur yang senantiasa bersih, serta akses WiFi, air minum dan perlengkapan mandi gratis.

Soal pembayaran, pengunjung tidak perlu khawatir. Airy melayani pembayaran melalui transfer maupun kartu kredit. Mudah bukan? Nah, itulah 3 tempat wisata tersembunyi di Mataram sebagai referensi. Selamat menjelajah.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)