logo rilis
Tiga Paslon Ini Bersaing Ketat di Sulsel
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
11 Maret 2018, 23:45 WIB
Tiga Paslon Ini Bersaing Ketat di Sulsel
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza.

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Sinergi Data Indonesia (SDI), Barkah Pattimahu, mengatakan ada tiga pasangan calon  yang bersaing ketat di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan. 

Berdasarkan survei SDI, ketiga paslon itu adalah Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar dengan elektabilitas mencapai 27,50 persen, disusul pasangan Nurdin Halid-Aziz Kahar Mudzakkar (24,80 persen), dan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (21,20 persen).

"Posisi terakhir ada Agus Arifin Nu'mang-Tanri Bali Lamo (8,9 persen). Serta suara yang masih belum memutuskan 17,60 persen," kata Barkah di kawasan Tebet Jakarta, Minggu (11/3/2018).

Barkah mengungkapkan, paslon Ichsan-Andi yang didukung Partai Demokrat, PPP, Partai Perindo dan Partai Berkarya itu mengalami penurunan sekitar 2,8 persen bila dibandingkan pada survei SDI pada Desember 2017. Saat itu, elektabilitasnya mencapai 30,30 persen.

Sementara, yang mengalami kenaikan adalah paslon Nurdin-Azis yang didukung Partai Golkar, NasDem, Hanura, PKB, PKPI dan PPP versi Djan Faridz. Di mana, Nurdin-Aziz yang sebelumnya meraih elektabilitas 22,30 persen, kini mencapai 24,80 persen.

"Juga pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman, dari 20 persen menjadi 21,20 persen," ujarnya.

Barkah menilai, turunnya elektabilitas Ichsan-Andi, lantaran tren publik di Sulsel saat ini yang menolak politik kekerabatan. Apalagi, isu penolakan politik kekerabatan itu juga tengah menjadi tren di tingkat nasional.

"Berdasarkan survei, lebih separuh atau 62,29 persen pemilih tidak menyetujui politik kekerabatan. Hanya 23,49 persen yang menyetujuinya," tandasnya.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)