logo rilis

Tiba di Korut, Menlu Pompeo Minta Warga AS yang Ditahan Dibebaskan
Kontributor
Syahrain F.
09 Mei 2018, 17:52 WIB
Tiba di Korut, Menlu Pompeo Minta Warga AS yang Ditahan Dibebaskan
Menlu AS Mike Pompeo. Credit: Anadolu Agency/Shadi Nsoor

RILIS.ID, Pyongyang— Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo diharapkan segera memberi konfirmasi atas dibebaskannya tiga tahanan Amerika di penjara Korea Utara.

Termasuk, konfirmasi mengenai waktu dan tempat pertemuan Trump-Kim, menurut kantor kepresidenan Korea Selatan pada Rabu (9/5/2018).

Presiden AS Donald Trump mengatakan pekan lalu, dia sudah mengetahui tempat dan waktu pertemuannya dengan pemimpin Korut Kim Jong-un. Namun, sejak pernyataan itu keluar, belum ada detail yang dibagikan kepada media.

Melansir Anadolu Agency, Pompeo diketahui tiba di Pyongyang pada Rabu pagi. Kunjungan merupakan yang kedua ke ibu kota Korea Utara dalam kurun waktu kurang dari sebulan.

"Kami mengharap dia membawa tanggal, waktu dan para tahanan," kata seorang pejabat di kantor kepresidenan Seoul yang meminta namanya dirahasiakan, seperti dikutip dari media lokal Yonhap.

Pertemuan Trump dengan Kim--jika benar terjadi--kemungkinan akan membahas soal denukliriasi dan komitmen perdamaian yang pernah dideklarasikan oleh pemimpin Korut tersebut saat pertemuan antar-Korea pada 27 April lalu.

AS telah berusaha selama lebih dari setahun untuk pembebasan tiga warga negaranya yang ditahan Korea Utara. Seoul juga berharap, Pyongyang, yang kini menunjukkan tanda-tanda kooperatif, mau melepaskan enam warga negara Korsel yang saat ini masih berada di negara itu.

Baik Seoul dan Washington melarang warganya untuk bepergian ke Korut karena Pyongyang kerap memberikan hukuman keras untuk hal-hal yang tampak sepele, seperti melaksanakan ibadah keagamaan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)