logo rilis
Tiap Tahun Kementan Siapkan Rp4,1 Triliun untuk Petani
Kontributor
Elvi R
02 November 2018, 15:30 WIB
Tiap Tahun Kementan Siapkan Rp4,1 Triliun untuk Petani
Petani. FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Makassar— Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran Rp4,1 triliun setiap tahun untuk asuransi bagi para petani dan peternak di Indonesia.

"Jadi kami menjangkau para petani dan peternak dengan asuransi untuk memberikan rasa aman melakukan produksi yang anggarannya rata-rata mencapai Rp4,1 triliun setiap tahun," kata Mentan Amran Sulaiman dilansir dari Antara, di Jakarta Jumat (2/11/2018).

Ia menjelaskan, anggaran yang disiapkan untuk asuransi petani itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 

Anggaran ini juga merupakan hasil atau sumbangan penghematan yang dilakukan Kementerian Pertanian seperti meniadakan anggaran pembelian mobil, pengecekan kantor, hingga acara seremonial yang dianggap tidak perlu.

"Apa yang kami lakukan dengan memberikan asuransi yakni memberikan rasa aman bagi para petani untuk berproduksi demi kesejahteraan mereka," jelasnya.

Asuransi ini, kata dia, untuk memberikan rasa aman bagi petani atas bencana alam, banjir, kekeringan yang membuat tanaman padi petani mati termasuk pula bagi asuransi peternak yang juga ditanggung jika hewan peliharaan mereka mati.

"Untuk anggaran tahun depan belum ditetapkan namun tetap ada. Sebelumnya kami hanya fokus untuk sawah namun kini sudah asuransi sapi. Ini merupakan komitmen dari Presiden untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Pasar Cipinang Zulkfly mengatakan subsidi tidak hanya diperlukan petani saat masa tanam. Petani juga membutuhkan bantuan ketika musim panen tiba. Pemerintah hendaknya bisa membeli hasil bumi mereka, hingga melakukan pengamanan harga gabah.

"Selama ini harga kerap kali jatuh dan membuat petani selalu merugi," ungkapnya kepada rilis.id, di Jakarta.

Berkaca dari negara lain, seperti Vietnam, Zulkifly menyebut, pemerintah harus memfasilitasi petani. Sehingga pertanian Indonesia lebih baik. Dia menilai Vietnam menjadi negara yang cukup baik melakukan pembenahan pertanian.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID