logo rilis
THR Cair, Pola Konsumsi Masyarakat Stagnan
Kontributor
Fatah H Sidik
11 Juni 2018, 17:48 WIB
THR Cair, Pola Konsumsi Masyarakat Stagnan
Tunjangan hari raya (THR). ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Pekanbaru— Pengamat ekonomi Universitas Riau, HB Isyandi, berpendapat, tunjangan hari raya (THR) belum mampu mendongrak pola konsumsi masyarakat. Dengan begitu, tren konsumsi masih stagnan.

"Tahun 2018, sepertinya sama dengan tren pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017, di mana konsumsi nonpangan masyarakat sedikit menurun, seperti memenuhi kebutuhan sekunder, ganti HP baru, beli rumah atau kendaraan, dan lainnya," ujarnya di Pekanbaru, Senin (11/6/2018).

Konsumsi nonpangan masyarakat sedikit menurun, lantaran daya dorong pertumbuhan ekonomi juga melemah. Sedangkan nonpangan cenderung stabil. "Karena itu, hanya untuk alasan mempertahankan hidup," jelasnya.

Isyandi berpendapat, menurunnya daya beli masyarakat dipicu beberapa faktor. Kecepatan inflasi, misalnya.

Karenanya, pemerintah diminta mengeluarkan kebijakan untuk menggenjot laju konsumsi masyarakat. Misalnya, meningkatkan tunjangan kerja dan tunjangan prestasi kerja.

"Kendati belum diyakini akan mampu memberikan peningkatan signifikan bagi pola konsumsi, minimal bisa memberikan pengaruh terkait kebutuhan Lebaran, mulai dari membeli baju baru, persiapan kue, mengecat rumah, dan lainnya," tuntas dia.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)