logo rilis
The Fed Khawatirkan Risiko Perang Dagang
Kontributor
Intan Nirmala Sari
22 Maret 2018, 17:37 WIB
The Fed Khawatirkan Risiko Perang Dagang
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Washington— Ketua Federal Reserve Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan, bahwa kebijakan perdagangan pemerintahan Presiden AS Donald Trump telah menjadi kekhawatiran bagi kelompok-kelompok bisnis.

"Sejumlah peserta dalam FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal) memang memunculkan masalah tarif," kata Powell pada konferensi pers pertamanya sebagai Kepala Bank Sentral AS, Rabu (21/3/2018) waktu Washington, mengacu pada komite kebijakannya.

"Jika saya bisa meringkas apa yang keluar dari itu, pertama, bahwa tidak ada pemikiran ada perubahan dalam kebijakan perdagangan yang berdampak pada pandangan saat ini," kata Powell.

Namun, sejumlah peserta melaporkan bahwa percakapan mereka dengan para pemimpin bisnis di seluruh negeri, melaporkan kebijakan perdagangan telah menjadi kehawatiran untuk kelompok pebisnis.

Pernyataan Powell mengacu pada permintaan pada pemerintahan Trump untuk mempertimbangkan tarif yang luas terhadap impor dari Tiongkok, meskipun ada perbedaan pendapat yang berkembang dari kelompok-kelompok bisnis. Dalam sebuah surat untuk Trump pada Minggu (18/3), 45 asosiasi perdagangan AS, yang mewakili ritel, teknologi, pertanian dan industri produk konsumen lainnya, mendesak pemerintah untuk tidak menerapkan rencana tarifnya terkait impor dari Cina, karena akan merugikan konsumen dan perusahaan AS.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Cina Hua Chunying juga menegaskan pada Rabu (21/3), bahwa tidak seorang pun akan muncul sebagai pemenang dari perang dagang. Dia menegaskan kembali, jika AS membuat gerakan yang merugikan kepentingan Cina, maka Cina pasti akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi hak dan kepentingannya yang sah.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)