logo rilis
The Beatles yang Tinggal Kenangan
Kontributor
Ning Triasih
10 April 2018, 20:26 WIB
The Beatles yang Tinggal Kenangan
The Beatles. FOTO: Instagram/@thebeatles

RILIS.ID, Jakarta— Jika Anda penggemar The Beatles, pasti tahu jika 10 April 1970 jadi momen paling menggemparkan sekaligus menyedihkan. Ya, band legendaris dunia itu bubar.

Kabar mengejutkan itu disampaikan basis The Beatles, Paul McCartney dalam sebuah wawancara saat debut albun solonya.

Memang, tak ada pernyataan gamblang jika The Beatles bubar kala itu. Namun, undur dirinya Paul dari grup band yang membesarkan namanya tersebut sudah cukup menggambarkan terpecahnya grup musik asal Liverpool, Inggris itu.

Bubarnya The Beatles sampai saat ini terbilang masih simpang siur. Ada yang menyebut kematian sang manajer Brian Epstein jadi penyebab perpecahannya, hadirnya Yoko Ono dalam kehidupan John Lennon, hingga isu soal otoritas Paul McCartney yang disebut-sebut ingin menguasai  The Beatles sepenuhnya.

Tak dipungkiri, kontribusi Epstein sangat besar dalam sepak terjang The Beatles. Dialah yang mempromosikan band, mengatur keuangan, sampai jadi penengah dalam perselisihan antar anggota.

Namun, The Beatles seakan mati sejak Epstein meninggal. Band ini benar-benar hampa, seperti taka ada cahaya lagi yang menerangi mereka. Terutama Lennon, ia begitu terpukul atas kepergian Epstein karena dialah yang paling dekat dengan manajer.

Perlahan, The Beatles mulai goyah. Masing-masing anggota bahkan sempat saling mencela. Paul mencela eksperimen Lennon, begitu pun sebaliknya, Lennon menghina komposisi Paul. 

Lennon sempat mencetuskan ingin keluar dari grup The Beatles, maun tak pernah terungkap ke publik. Akhirnya, bersama Yoko Ono, Lennon membentuk Plastic Ono Band. The Beatles baru benar-benar dianggap bubar setelah Paul membuat pernyataan kepada media.

Pasca bubar, mantan personel The Beatles, mulai dari Lennon, McCartney, Harrison dan Starr masing-masing merilis album solo pada tahun 1970.

Kini, The Beatles tinggal kenangan. Namun, musik dan ketenarannya masih tersisa sampai sekarang.

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)