logo rilis

Tersedak Duri Ikan, Begini Cara Menanganinya..
Kontributor
Tari Oktaviani
10 Januari 2020, 14:43 WIB
Tersedak Duri Ikan, Begini Cara Menanganinya..
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Ikan memang menjadi lauk yang dikonsumsi dalam sehari-hari. Namun terkadang, karena tak hati-hati yang didapat justru tertelak duri ikan di tenggorokan.

Hal ini pada umumnya pernah dialami semua orang. Walaupun sepele, namun sangat mengganggu dan membuat kita tidak nyaman dalam menelan. Bahkan di beberapa kasus menimbulkan nyeri saat menelan makanan pasca duri ikan tersangkut di tenggorokan.

Baca Juga

Ada beberapa penanganan pertama ketika anda tertelak duri ikan. Pertama, cobalah untuk menelan nasi utuh. Kepal nasi yang utuh lalu kunyah sedikit saja. Biasanya cara akan membawa duri masuk ke kerongkongan. 

Kedua, dengan menelan madu atau minyak zaitun. Kedua larutan ini kandungannya licin sehingga membantu untuk menurunkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. 

Ketiga, telan marshmallow. Marshmallow memiliki tekstur yang kenyal dan lengket sehingga dapat mempermudah duri yang tersangkut menjadi terlepas dari tenggorokan. 

Keempat, cobalah minum air garam. Larutan garam dapat membuat luruh duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. 

Kelima, batuk dengan kencang. Biasanya, dorongan karena batuk akan membuat duri di dalam tenggorokan menjadi bergerak sehingga bisa luruh ke saluran pencernaan.

Cara-cara tersebut hanya penanganan pertama. Jika memang belum berhasil dan juga mengganggu dalam proses makan dan minum, baiknya segera periksakan ke dokter THT. Perlu diingat pula, agar jangan sekali kali merogoh duri pakai tangan. Pasalnya justru akan membuat luka dan malah akan tersangkut lebih dalam. 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID