logo rilis

Ternyata, Talenan Plastik Lebih Aman Lho Ketimbang yang Kayu
Kontributor
Ning Triasih
14 November 2018, 17:35 WIB
Ternyata, Talenan Plastik Lebih Aman Lho Ketimbang yang Kayu
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Untuk urusan dapur, talenan menjadi salah satu alat masak yang terbilang penting. Lalu talenan mana lebih baik, yang berbahan kayu atau plastik?

Ternyata, menurut para ahli di Jerman, jawabannya adalah plastik. Ya, talenan plastik dianggap lebih baik sebagai papan untuk memotong makanan mentah seperti daging, sayuran dan lainnya. 
Pasalnya, talenan tersebut mudah dibersihkan, sehingga bakteri yang menempel pun gampang hilang.

German Federal Institute for Risk Assessment (BfR) seperti dilaporkan DPA, Rabu (14/11/2018) menyebutkan, bakteri-bakteri yang terbunuh itu berpotensi menyebabkan penyakit.

Dalam hal ini, menurut GfR, konsumen harus memastikan bahwa talenan yang digunakan halus dan tidak memiliki goresan, di mana bakteri dapat berkumpul dan berkembang biak. BfR pun menyarankan, talenan yang sudah tergores mesti diganti dengan yang baru.

Selain itu, makanan mentah dan matang seharusnya tidak dipotong pada talenan yang sama, kecuali bila talenan sudah dibersihkan secara menyeluruh di sela penggunaannya.

Idealnya, daging dan unggas harus disiapkan di talenan yang berbeda dari talenan yang Anda gunakan untuk memotong buah dan sayuran. Jadi, paling tidak Anda harus memiliki dua talenan, satu khusus untuk memotong daging, satunya lagu untuk sayur dan buah-buahan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)