logo rilis

Ternyata Radang Bisa Sebabkan Benjolan di Leher
Kontributor
Tari Oktaviani
11 Desember 2019, 14:29 WIB
Ternyata Radang Bisa Sebabkan Benjolan di Leher
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Adanya benjolan di leher rupanya tak selalu penyakit serius seperti kanker kelenjar getah bening dan gondok. Radang tenggorokan misalnya, dapat menyebabkan leher agak membengkak bahkan terasa seperti ada benjolan. 

Dilansir dari alodokter, sebagian orang mungkin merasakan adanya benjolan di tenggorokan akibat mengalami sensasi globus. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya perasaan seperti adanya benjolan di tenggorokan yang sebenarnya tidak ada, dan sensasi tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu adanya pengobatan.

Baca Juga

"Peradangan di tenggorokan, yang umumnya disebabkan oleh infeksi, dapat menyebabkan tenggorokan terasa tidak nyaman dan mengganjal. Bagian amandel pun kerap membengkak saat tenggorokan meradang, yang memicu penderita untuk mengeluhkan rasa seperti ada benjolan di tenggorokan," Ujar tinjauan dari dr. Allert Benedicto Ieuan Noya.

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptokokus bisa menyebabkan bengkak di leher. Hal ini terjadi karena bakteri streptokuku menyerang kelenjar getah bening.

Namun anda perlu berhati-hati bila ada gejala lain yang menyertai. Gejala seperti suara serak, tenggorokan terasa nyeri saat menelan, hingga mengalami kesulitan bernapas, penurunan berat badan secara drastis, demam panjang menjadi tanda adanya keadaan serius yang memerlukan penanganan dokter.

Nah, untuk mencegah terjadinya benjolan tersebut, sebaiknya sering mengkonsumsi air putih, makan buah-buahan dan sayur dan berbicara yang pelan. Hal ini setidaknya dapat meminimalisir terjadinya benjolan ketika radang.

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID