logo rilis

Ternyata! Debat Cawapres Paling Menarik Ketimbang Capres
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
11 Januari 2019, 19:01 WIB
Ternyata! Debat Cawapres Paling Menarik Ketimbang Capres
Ilustrasi: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin, mengatakan, debat cawapres antara Sandiaga Uno dengan Ma'ruf Amin lebih menarik ketimbang capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto. 

Pasalnya, menurut dia, para pemilih pada umumnya sudah mengetahui kualitas capres Jokowi dan Prabowo yang pernah berhadapan pada debat Pilpres 2014 yang lalu. 

"Baik Ma'ruf Amin maupun Sandiaga Uno belum pernah berhadap-hadapan dalam sesi debat," katanya melalui siaran pers kepada rilis.id, Jumat (11/1/2019). 

Sebagian pemilih, ujar Said, mungkin pernah menyaksikan kualitas Sandi pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Namun hal itu berbeda lantaran kemampuan Ma'ruf dalam berdebat belum pernah disaksikan publik. 

"Nah, dari sesi debat Ma'ruf versus Sandiaga itulah kemungkinan bisa muncul perubahan elektabilitas dari kedua pasangan calon," ujarnya. 

Dia menilai, para pemilih pemula atau yang belum menentukan pilihan kemungkinan masih dapat digoda oleh para cawapres pada saat sesi debat nanti. Sehingga, debat cawapres akan lebih berpeluang untuk mengubah pilihan pemilih dibandingkan dengan debat capres.

"Debat antara Ma'ruf Amin yang sudah berusia sangat senior dan Sandiaga Uno yang jauh lebih junior boleh jadi sudah sangat dinanti," tandasnya. 

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)