logo rilis
Terkesan Cuek Pemilu Berlangsung Kacau, BPS Sebut LSM 'Tutup Mata'
Kontributor
Nailin In Saroh
24 April 2019, 19:00 WIB
Terkesan Cuek Pemilu Berlangsung Kacau, BPS Sebut LSM 'Tutup Mata'
Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Dahnil Anzar Simanjuntak. FOTO: Antara

RILIS.ID, Jakarta— Kekacauan pada Pemilu Serentak 2019 disoroti banyak pihak. Mulai dari dugaan kecurangan, hingga meninggalnya ratusan petugas KPPS akibat kelelahan mengawal kotak suara pileg dan pilpres.

Koordinator juru bicara BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku heran dengan sikap diam kalangan lembaga swadaya masyarakat (LSM) terhadap kisruhnya pelaksanaan pemilu tahun ini. Dimana sebelumnya selalu bereaksi keras terhadap pelaksanaan yang keluar dari jalur 'Pemilu Luber Jurdil'. 

Menurut Dahnil, saat ini LSM terkesan 'cuek'. Padahal, kecurangan pemilu secara terang-terangan sedemikian masif. Namun lepas dari sorotan objektif sejumlah LSM.

"Bahkan LSM-LSM yang mengaku ngomong tentang korupsi tutup mata dengan fakta fakta kecurangan. Fakta money politics," ujar Dahnil di Jakarta, Rabu (25/4/2019).

Mantan Ketum PP Pemuda Muhammadiyah ini pun khawatir, LSM yang ada sekarang sudah tidak mempunyai ruh membela kebenaran. 

"Jadi enggak berdiri atas nama nilai-nilai. Itu yang kami khawatirkan. Kelompok masyarakat sipil nyaris mati rasa melihat fakta-fakta kecurangan terstruktur, sistematis, masif, dan brutal," tukas Dahnil. 

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID