logo rilis
Terima Audiensi Pesantren RI-1, Moeldoko Dukung Penuh Peringatan HSN di TMII
Kontributor
Zulyahmin
17 Oktober 2019, 11:31 WIB
Terima Audiensi Pesantren RI-1, Moeldoko Dukung Penuh Peringatan HSN di TMII
FOTO: Dokumentasi pribadi

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Staf Presiden (KSP), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, mendukung penuh rencana penyelenggaraan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang akan digelar di Museum Keprajuritan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. 

Dukungan itu disampaikan Moeldoko usai menerima audiensi dari sejumlah pengurus Pesantren RI-1 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Hadir dalam audiensi itu, Dewan Pembina Pesantren RI-1, Habib Abu Djibril Basyaiban, Ketua Pelaksana HSN Kiai Ibnu Mulkam, pengurus Pesantren RI-1, Ahid Sibli, dan Panglima Laskar RI-1, Raden Guntur Eko Widodo. 

Moeldoko saat menerima audiensi itu mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang Pesantren, maka perlu menjadikan pesantren setara dengan lembaga pendidikan umum. 

Menurut Moeldoko, keberadaan UU Pesantren itu memang niatan Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan pesantren di Indonesia terdepan dalam karakter generasi muda bangsa Indonesia di masa depan. 

"Di tengah gempuran atas keyakinan ideologi dan agama, kita harus memperkuat semuanya. Basis pesantren adalah tempat di mana memperkuat karakter bangsa. Di situ terbentuk," kata Moeldoko. 

Mantan Panglima TNI itu menilai, pesantren adalah wadah yang tepat untuk membangun karakter generasi bangsa. Untuk itu, dirinya berharap agar Pesantren RI-1 ini mampu menjadikan generasi bangsa yang kuat dalam ideologi Pancasila dan agama. 

"Melalui Pesantren RI-1 ini, saya berharap bisa menguatkan atas keyakinan ideologi Pancasila dan agama Islam yang kita anut," ujarnya. 

Sementara itu, pengurus Pesantren RI-1, Ahid Sibli, menjelaskan, dibentuknya Pesantren RI-1 itu adalah wadah untuk membangun silaturahmi. Selain itu, Pesantren RI-1 juga dibentuk untuk mengawal UU Pesantren yang baru saja disahkan oleh DPR dan pemerintah. 

"Pesantren RI-1 adalah wadah untuk silaturahmi pesantren-pesantren di seluruh Indonesia yang akan mengawal UU Pesantren yang baru saja disahkan," ungkap Ahid Sibli. 

Dalam peringatan HSN itu, juga akan digelar acara silaturahmi Pimpinan Pusat Pesantren RI-1 dengan Moeldoko pada 19/22 Oktober 2019 di Museum Keprajuritan TMII. Hal itu dilakukan sebagai wujud sumbangsih pesantren di Indonesia untuk menjaga NKRI.

"Bahwa Pesantren RI-1 hadir sebagai pemersatu pesantren-pesantren di seluruh Indonesia dan menjaga dari paham radikalisme dan paham takfiri," kata Ahid. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID