logo rilis

Terdengar Sepele, tapi Wanita Wajib Memperhatikan Lima Hal Ini
Kontributor
Ning Triasih
19 Oktober 2018, 21:01 WIB
Terdengar Sepele, tapi Wanita Wajib Memperhatikan Lima Hal Ini
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Dibanding pria, wanita bisa dibilang lebih peka dan perhatian terhadap tubuhnya. Namun, tak sedikit kaum hawa benar-benar memahami tubuhnya sendiri.

Padahal, ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan wanita tentang tubuhnya. Hal-hal ini mungkin terdengar sepele, namun sangatlah penting karena berhubungan dengan kesehatan.

Seperti dilansir rilis.id dari Allwomenstalk, berikut lima hal yang harus diperhatikan wanita terkait tubuhnya:

1. Masa haid

Anda harus benar-benar tahu dan memahami tentang siklus menstruasi Anda setiap bulannya. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengetahui jika ada sesuatu yang salah. Tanggal datang bulan pasti bisa berubah setiap waktu. Tetapi, ada baiknya Anda mencatatnya sebagai pengingat dan memastikan semuanya baik-baik saja.

2. Payudara

Memeriksa kondisi payudara, bagi bwanita sangatlah penting. Anda harus bisa memahami bagaimana payudara yang sehat atau mungkin bermasalah. Periksa mulai dari berat, tekstur, ketegasan, hingga warna kulit, semua hal-hal ini cenderung berubah ketika ada masalah.

3. Kebiasaan di kamar mandi

Sebaiknya lacak seberapa sering Anda pergi ke kamar mandi, karena peningkatan frekuensi buang air kecil sering kali berkaitan dengan infeksi, bahkan masalah kesehatan yang lebih serius. Di sisi lain, jika tinja Anda muncul berbeda dari biasanya, maka itu juga sesuatu yang mungkin perlu diwaspadai. Anda harus tahu warna biasa urin Anda karena perubahan warna secara tiba-tiba bisa mengindikasikan adanya masalah.

4. Tahi lalat

Tubuh sering diselimuti tahi lalat berbagai ukuran di sejumlah titik. Tahi lalat juga penting untuk diperhatikan. Semakin Anda memahami tanda titik hitam di tubuh Anda, maka Anda bisa dengan cepat melihat perubahan yang terjadi.

5. Berat badan

Menyinggung soal berat badan, wanita biasanya akan sangat sensitif, terlebih mereka yang punya berat badan di atas normal. Namun, memeriksa berat badan secara teratur sangatlah penting. Ini adalah salah satu masalah utama yang berhubungan dengan kesehatan yang bisa dilacak secara teratur.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)